Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Balangan

Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

×

Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Sebarkan artikel ini
PENGALUNGAN - ID Card peserta pelatihan berbasis kompetensi oleh Plt. Kepala DKUKMTK Balangan, Abdurrahman Arrahimi. (KP/Ist)

Balangan, KP – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (DKUKMTK) Balangan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK), kembali menyelenggarakan program pelatihan berbasis kompetensi tahap II untuk masyarakat.

Sebanyak 48 orang warga Balangan ikuti pelatihan berbasis kompetensi tahap II, bertempat di UPT BLK Desa Mampari, Kecamatan Batumandi.

Pelatihan dibuka langsung oleh Plt. Kepala DKUKMTK Kabupaten Balangan, Abdurrahman Arrahimi, dengan ditandai dengan pengalungan kartu ID Card kepada perwakilan peserta. Rabu kemarin.

Ada tiga program pelatihan utama yang diselenggarakan adalah Plate Welder SMAW 3G, Service Sepeda Motor Injeksi, dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana.

Plt. Kepala DKUKMTK Balangan, Abdurrahman Arrahimi, menyampaikan pesan penting kepada para peserta agar memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

“Kami harapkan kepada peserta yang mengikuti pelatihan agar dapat mengikuti dengan serius dan memperhatikan apa yang diterangkan para mentor, guna meningkatkan keterampilannya,” tegasnya.

Dengan adanya pelatihan yang berkualitas dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan angka pengangguran dapat ditekan dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Sementara itu, Kepala UPT BLK Balangan, Abdul Mukhlis melaporkan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja lokal.

Abdul Mukhlis juga menyatakan komitmennya untuk terus memberikan pelatihan yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

“Tahap selanjutnya akan ada lagi program dari dana APBD yaitu Plate Welder SMAW 4G, kemarin kita juga dapat informasi bahwa dari perusahaan mencari kandidat welder yang 4G,” ujarnya.

Selain itu, UPT BLK Balangan tidak hanya fokus pada penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi, tetapi juga aktif menjalin kerja sama dengan industri untuk penempatan lulusan.

“Kita sudah melaksanakan nota kesepahaman dengan PT. Dian Pandu Pratama, mereka mencari kandidat welder hampir 130 orang. Mereka bergerak pada bidang pertambangan dan perkapalan. Jadi memang kandidat-kandidat dari BLK yang menjadi prioritas mereka,” imbuhnya.

Baca Juga:  Idul Adha 1444 H Banyak Nilai Dibalik Ibadah Kurban

Dengan adanya kerjasama antara BLK Balangan dan PT. Dian Pandu Pratama, diharapkan semakin banyak lulusan yang dapat bekerja di sektor-sektor strategis seperti pertambangan dan perkapalan, akan turut mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. (srd/K-6)

Iklan
Iklan