Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Hattrick Gustavo Bawa Persija Bungkam Barito Putera 3-0

×

Hattrick Gustavo Bawa Persija Bungkam Barito Putera 3-0

Sebarkan artikel ini
1000516195 e1723302056958
Pemain Barito Putera (baju hitam) berebut bola dengan pemain Persija Jakarta. Barito Putera menyerah 0-3 dalam pertandingan pekan pertama Liga 1 2024-2025 di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/8/2024) malam. (Kalimantanpost.com/Instagram psbaritoputeraofficial)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Hattrick yang dibuat Gustavo Almeida membawa Persija Jakarta membungkam Barito Putera 3-0 dalam pertandingan pekan pertama Liga 1 2024-2025 di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/8/2024) malam.

Berkat kemenangan itu, Persija di posisi ketiga dengan poin 3, sama dengan Persib Bandung dan PSM Makassar di posisi pertama dan kedua.

Iklan

Bagi Barito Putera dengan kekalahan itu berada di posisi 17 dengan poin nol dari satu kali kekalahan.

Melawan Persija, pelatih Rahmad Darmawan bikin kejutan dengan memasang 8 muka-muka baru sebagai starter, kecuali Buyung Ismu di bek kanan dan Murilo Otavio Mendez, Muhammad Firly dan Natael Siringi Ringo.

Ada pun tujuh pemain baru sebagai starter yakni kiper Satria Tama Hardianto, centerr back Jesus Maria Meneser Sabater dan Lucas Gama Moreira, di bek kanan Novan Setya Sasongko, gelandang serang Levy Clement Madinda, Youssef Ezzejjari dan pemain muda yang baru promosi ke senior M Aimar Iskandar Alam.

Sebagian besar muka baru membuat permainan tim Laskar Antasari masih belum padu, sedangkan Persija yang memasang sebagian muka lama Andritany Ardhiyasa, Firza Andika, Muhammad Ferrari, Ondrej Kudela, Rizky Ridho, Maciej Jacek Gajos, Witan Sulaiman, Gustavo Almeida, Riko Simanjuntak, Ryo Matsumura dan hanya satu pendatang baru Ramon Bueno Gozalbo tampil kompak dan padu.

Lewat permainan satu sentuhan dari kaki ke kaki melalui Witan, Riko, Firza, Ryo, Gajos dan striker Gustavo mampu merepotkan lini belakang Barito Putera dikawal Jesus Maria Meneser Sabater dan Lucas Gama Moreira, Sasongko dan Buyung Ismu.

Di menit ke-4, tendangan sudut dilakukan Gajos disundul Ramon tapi masih tipis di atas mistar gawang Satria Tama

Serangan gencar tim Macan Kemayoran akhirnya membuahkan hasil di menit 11. Berawal tusukan Ryo dari sudut kiri pertahanan Barito Putera kemudian diberikan Witan dan meneruskan Riko. Pemain bertubuh mungil memberikan umpan silang ke mulut gawang, bola disundul Gustavo dan membentur bahu pemain Barito Putera sebelum masuk ke gawang Satria Tama.

Baca Juga :  Peru Taklukkan Uruguay, Argentina Masih Memimpin Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol

Pelan-pelan Barito Putera mulai bisa keluar dari tekanan Persija sejak menit 20 dan melakukan serangan Levy Clement Madinda, Youssef Ezzejjari, Murilo, Aimar dan Ringo.

Sebuah umpan dari Levy Madinda dari rusuk kanan, tapi sundulan Murilo di menit 24 masih tipis di samping kiri gawang.

Tiga menit kemudian tendangan spekulasi Levi Madinda dari luar kotak penalti terlalu lemah dan tepat di pelukan kiper Andritany.

Persija mengandalkan serangan balik cepat di menit 39 melalui Gustavo, tapi tendangan ke samping kiri.

Barito Putera terus mengendalikan permainan tak mampu menyamakan kedudukan. Hingga pertandingan babak pertama usai, Persija tetap memimpin 1-0.

Memasuki babak kedua, Rahmad Darmawan memasukkan tiga pemain sekaligus yakni Eksel Timothy Joseph, Chi Sung Moon
Amiruddin Bagus Kahfi menggantikan Buyung Ismu, Aiman dan Ringo.

Baru satu menit berjalan, tendandangan Lukas yang memanfaatkan bola liar, tendangannya masih mengarah ke Andrytani.

Persija yang mengandalkam serangan balik cepat melalui Witan di menit 55, untung saja Jesus Maria Meneser Sabater masih sempat mengganggu hingga tendangan Witan yang sedikit lemah dan tepat dipelukan kiper Barito Putera.

Tim Laskar Antasari terus berupaya menyamakan kedudukan, sayangnya sundulan Eksel ke mulut gawang tak bisa dijangkau Murilo di menit 59. Satu menit kemudian sepakan Levi Medinda tak tepat sasaran.

Kembali Eksel menang adu cepat dengan Ferarri, sayangnya tendangannya tepat di pelukan kiper Andrytani pada menit 62.

Petaka terjadi buat Barito Putera, tendangan Riko membentur tangan Jesus Maria Meneser di menit 66.

Wasit menchek VAR dan akhirnya menunjuk titik putih. Gustavo sebagai algojo menendang ke sudut kiri, gol menit ke-70 .

Menambah daya gedor, striker Youssef Ezzejjari diganti Rizky Pora di menit 78.

Baca Juga :  Spanyol Gebuk Serbia, Portugal Ditahan Skotlandia UEFA Nations League

Sayangnya masuknya pemain senior Barito Putera itu tak mampu memperkecil ketertinggalan. Malah Persija memperbesar kemenangan menjadi 3-0 lewat hattrick
Gustavo di menit ke-81.

Usai mencetak gol ketiga, Gustavo diganti Marco Simic.

Barito Putera berusaha memperkecil ketinggalan, namun hingga pertandingan usai kedudukan 3-0 tak berubah. (ful/KPO-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan