Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Tengah

Bupati HST Lantik Empat Kabupaten Pengurus Muhammadiyah

×

Bupati HST Lantik Empat Kabupaten Pengurus Muhammadiyah

Sebarkan artikel ini
IMG 20230905 WA0013
Foto bersama usai pelantikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) empat kabupaten dan Aisyiyah 5 kabupaten di Aula RSHD Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). (Kalimantanpost.com/Istimewa)

BARABAI, Kalimantanpost.com – Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi meminta organisasi Muhammadiyah terus membangun suasana dialogis dan demokratis.

Hal itu disampaikannya secara tertulis dalam memenuhi undangan Pelantikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) empat kabupaten dan Aisyiyah 5 kabupaten di Aula RSHD Barabai, Sabtu lalu yang di bacakan Wabup H Mansyah Sabri.

Iklan

Bupati Aulia juga berharap pengurus Muhammadiyah terus menjunjung semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan, sehingga keputusan mengenai perkara apa pun menjadi cerminan aspirasi atau keinginan umat.

“Dengan demikian, potensi konflik intern dapat diminimalisir,” kata Aulia.

Bupati Aulia, tidak meragukan andil organisasi Muhammadiyah untuk bangsa. Organisasi keagamaan ini turut mengantarkan bangsa menuju gerbang kemerdekaan.

“Dengan proklamasi yang dibacakan Ir Soekarno atau Presiden RI ke 1 yang juga putra dari Muhammadiyah,” ungkap Aulia.

Selain itu, tambah Aulia, ada lagi Amin Rais, tokoh pemimpin gerakan reformasi. Juga Buya Hamka yang syarat dengan pemikiran dan gagasan cemerlangnya melalui karya-karyanya.

“Muhammadiyah banyak berkontribusi atas kemajuan di Indonesia,” terangnya.

Aulia meyakini, Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi sosial keagamaan terbesar, tetap mengikuti jejak pendahulunya.

“Memiliki idealisme tinggi, dedikasi perjuangan yang besar terhadap bangsa serta berinovasi dalam dakwah,” tegas Aulia.

Tanpa bermaksud mencampuri otonomi organisasi, Aulia berharap tetap teguh dan konsisten memantapkan peran dalam proses pembangunan. Terutama meminimalisir munculnya masalah kilafiyah, memantapkan ukuwah islamiah dan wataniah serta berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan.

“Kami tidak bermkasud mencampuri urusan otonomi organisasi. Tantangan ke depan, jangan dianggap enteng,” tutup Aulia.

Sebelumnya, ada 121 orang dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah 4 kabupaten dilantik dan dikukuhkan untuk masa bakti 2022-2027. Rinciannya, 51 orang dari unsur Pemuda Muhammadiyah dan 72 dari unsur Aisyiyah.

Baca Juga :  Pjs Bupati HST Buka FGD Evaluasi LPPD TA 2023 dan Asistensi Persiapan Penyusunan LPPD TA 2024

Adapun unsur yang dimaksud terdiri dari Kabupaten HST, HSU, HSS dan Balangan serta Tapin.

Agenda pelantikan sekaligus pengukuhan itu diisi dengan dialog interaktif. Isi forum dialogis akal sehat itu tentang “Ber-Muhammadiyah dengan Mengaktfikan Iman & Pikiran”.

Untuk diketahui, PDM atau Organisasi Muhammadiyah di HST dinakhodai oleh Ustaz Muhammad DN.(Ary/KPO-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan