Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hulu Sungai Tengah

Disdukcapil HST Laksanakan Inovasi Paring Balah

×

Disdukcapil HST Laksanakan Inovasi Paring Balah

Sebarkan artikel ini
IMG 20241018 WA0035 e1729254124799
Kalimantanpost.com - foto/humas HST JUMPUT BOLA - Disdukcapil HST melakukan Inovasi Paring Balah, yakni perekaman keliling bagi siswa di sekolah, Jumat (18/10/2024).

BARABAI, Kalimantanpost.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan inovasi perekaman keliling bagi siswa di sekolah-sekolah (Paring Balah) Untuk Mempercepat Perekaman KTPel Bagi Pemilih Pemula pada Pilkada 2024.


Paring Balah dilaksanakan di SMA Negeri 7 Barabai pada Selasa (15/10) kemarin.
Kepala Disdukcapil HST, Herry Setiawan mengatakan, kegiatan Jemput Bola ini adalah yang keenam, melakukan inovasi Paring Balah.
“Sebelumnya kami sudah melaksanakan di SMAN 1 Barabai, SMAN 2 Pantai Hambawang, SMAN 3 Birayang, SMAN 4 Barabai, dan SMAN 5 Haruyan,” ungkap Herry, Jumat (18/10).

Iklan


Herry menjelaskan, Paring Balah dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas administrasi penduduk (Adminduk) dan mendekatkan pelayanan ke masyarakat salah satunya bagi siswa/siswi sekolah SLTA atau sederajat.


Target Disdukcapil HST sebelum 27 November 2024, semuanya harus sudah terekam, biar para pelajar bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024 untuk pertama kali.
“Dan juga adik-adik pelajar tidak perlu meninggalkan pelajaran sekolah,” ungkapnya.


Herry menambahkan, jemput bola ini tidak hanya untuk pemilih pemula (siswa sekolah), tetapi juga dilakukan bagi masyarakat kesulitan untuk mendatangi ke tempat layanan, antara lain orang tua jompo, sakit, ODGJ dan penduduk rentan yang belum memiliki KTPel.
“Karena hak-hak mereka juga harus terpenuhi disamping untuk hak pilih Pilkada atau akses layanan lainnya,” pungkasnya. (adv/ary/KPO-4)

Iklan
Baca Juga :  Faried Buka FGD Asistensi Penyusunan Rencana Aksi SPM HST
Space Iklan
Iklan
Ucapan