Tabalong Kabupaten Pertama ODF di Kalsel

Tanjung, KP – Upaya pemerintah untuk menjadikan masyarakatnya sehat, diantaranya bisa tidak melakukan Buang Air Besar Sebarangan (BABS), telah berhasil terbukti dengan didapatnya pridikat kabupatan Open Defecation Free (ODF) pertama di Kalimantan Selatan.

Hal itu, diungkapkan Presiden Direktur (Presdir) PT Adaro Indonesia Tbk  H Garibaldi Boy Thohir, saat launching program tuntas bersama Bupati Tabalong dan beberapa instansi terkait, Selasa (13/11) di Halaman Pendopo Bersinar Tanjung.

Menurut Garibaldi Boy Thohir, Kabupaten Tabalong adalah kabupaten pertama di Kalsel yang teah bertekad tahun 2019 mendatang Kabupaten Tabalong yang bebas BABS, “Kabupaten Tabalong pertama Kabupaten Tabalong di Kalsel yang mendapat gelar tersebut, saya yakin dengan kerja keras dan komitmen yang kuat oleh semua pihak prestasi yang membanggakan ini akan menjadi kenangan untuk kita semua,” ujarnya.

“Mari kita dukung program Tuntas dengan tinggalkan BABS untuk mendukung program Tablong sehat,” demikan pungkas presdir PT Adaro ini.

Sementara itu, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, yang membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Prof Dr dr Nila Farid Moeloek Sp.M (K) di acara peringatan HKN mengatakan, mengucapkan selamat HKN ke-54.

“Yang kedua saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada insan kesehatan, karena Alhamdulillah, sampai saat ini kita masih bisa bertahan di peringkat ke-3 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bidang kesehatan di Kalsel, begitu juga untuk IPM di bidang keseluruhan kita juga berada di tingkat ke-3, yang sebelumnya berada di tingkat ke-10,” ujarnya.

“Tapi tetap saya mohon para tenaga di bidang kesehatan, jangan puas di peringkat ke-3, tapi kita harus berusaha menggeser Banjarmasin untuk berada di peringkat 2, ini saya kira bisa kita lakukan,” ungkap Bupati Tabalong.

Menurut Anang, HKN diperingati  setiap  tanggal  12 November dalam suatu rangkaian kegiatan, baik di tingkat pusat maupun daerah,” ujarnya.

“Tema yang diangkat adalah “Aku Cinta Sehat”, dengan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” sebut Anang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tabalong yang membacakan sambutan Kemenkes RI ini juga menghimbau agar masyarakat mengkonsumsi makanan bergizi, “Saya menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara,” ujarnya.

“Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” terang Anang.

Selebihnya, Anang menjelaskan bahwa masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah.

Dalam kesempatan itu ia juga mengharapkan kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran Pemerintah pusat dan daerah. (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...