Fauzi Juara Catur Cepat Paman Birin Cup 2019

Banjarmasin, KP – Pecatur non Master asal Banjarbaru, Ahmad Fauzi, kembali menorehkan prestasi. Kali ini berhasil menjuarai Kejuaraan Catur Cepat Paman Birin Cup 2019 yang berakhir, Ahad (27/10) di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Pecatur yang dipersiapkan memperkuat kontingen catur Pra PON Kalsel itu, mengalahkan Master Nasional (MN) Sugeng Prayetno dari Kaltim di partai final yang memastikan memboyong Piala Paman Birin Cup dan uang pembinaan sebesar Rp20 juta yang diselengarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispors) Kalsel. Untuk juara tiga diraih Nurdin Askali (Kaltim) dan Master Internasional (MI) Gerald Pramoedya dari Papua.

“Bersyukur bisa menjadi yang terbaik di even ini. Saya benar-benar mendapat pelajaran berharaga sebelum memperkuat kontingen catur Pra PON Kalsel,” sebut Fauzi yang sebelumnya juga menjuarai Catur Cepat Rektor ULM 2019 kepada wartawan usai pertandingan.

Diturnamen ini, Fauzi mengawali kemenangannya di babak 32 besar yang menggunakan sistem gugur dengan mengalahkan MN Rahmat. Kemudian di babak 16 besar, Fauzi menghentikan langkah M Miftahul Hudani, dan memupuskan perlawanan M Yazid Pratama di babak 8 besar. Sedangkan di semifinal menyingkirkan Nurdin Askali, kemudian bertemu Sugeng Prayitno dari Kaltim di partai final.

“Butuh kosentrasi dan kejelian dengan memanfaatkan belunder yang dilakukan lawan. Dengan mengorbankan pion, menjadikan poin lain jadi mentri dan membuat rajanya mati,” bebernya.

Berita Lainnya

Gubernur Paman Birin berikan
Bantuan untuk 15 KUPP

Club Talent Banua syukuran

1 dari 225
Loading...

Untuk kelompok pelajar, dimenangkan Galang Aditya W (HST), M Ihsan Mubarak (Tanah Bumbu), dan diikuti M Ahmad Sabanoir (Tanah Bumbu).

Panitia pelaksana, HM Amin yang juga Ketua Percasi Kalsel menyebutkan, sejumlah pecatur bergelar master nasional dan internasional yang berasal dari Papua, Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Bekasi, Jawa Barat (Jabar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) turut ambil bagian diperhelatan Kejuaraan Paman Birin Cup 2019.

Diantara para pecatur master tersebut, lanjutnya, Master Nasional (MN) Norasya Verdiana yang tidak lain pecatur putri andalan Kalsel pada babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019 di Palangkaraya, Kalteng. Kemudia ada Master Internasional (MI) Yoseph Theolipus Taher asal Papua.

“Sebuah kebanggaan pecatur kita yang keluar sebagai juara ditengah persaingan ketat. Mudah-mudahan Fauzi bisa membawa tim catur Kalsel lolos PON 2020 di Papua,” jelas M Amin yang penggemar berat olahraga catur.

Sementara itu, Kadispora Kalsel Hermansyah menyebutkan, even ini merupakan bentuk kepedulian Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang kerap disapa Paman Birin terhadap perkembangan dan kemajuan olahraga di Banua termasuk catur dan ingin olahraga catur kembali berjaya mengharumkan nama banua di kancah nasional, pungkasnya. (rel/nfr/k-9)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya