Incar Kembali Piala Adipura, Ini Pesan Wawali

PIMPIN RAPAT - Wakil Walikota Darmawan Jaya memimpin rapat pembinaan Adipura tahap 2 tahun 2019. (Istimewa)

Banjarbaru, KP – Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan membuka rapat pembinaan Adipura tahap 2 tahun 2019, di Aula MGMP SMAN 2 Banjarbaru, Senin (21/10). Hadir Kadis Lingkungan Hidup Sirajoni, Camat dan Lurah se Banjarbaru.

Kota Banjarbaru sendiri sudah mendapatkan 8 piala Adipura sejak 2009 hingga 2018. Diharap melalui kegiatan ini, Kota Idaman bisa meraih Adipura 2019.

Wawali Darmawan mengatakan, Adipura merupakan sebuah penghargaan dari pemerintah pusat yang diberikan pada kabupaten/kota karena dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan.

“Kebijakan dan implementasi pembangunan lingkungan hidup dilakukan dengan tujuan membangun lingkungan sehat dan dinamis, dengan sasaran kawasan permukiman, perkantoran dan sentra ekonomi, agar Banjarbaru dapat menjadi kota hijau yang bersih, sehat dan ramah lingkungan,’’ tandasnya.

Menurutnya, pengelolaan sampah sendiri melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang terintegerasi, mulai dari sumber hingga pemrosesan akhir yang tertuang dalam rencana program kegiatan. Dan hal terpenting dalam pengelolaan kebersihan lingkungan, bukanlah penghargaan didapat.

“Namun kesadaran warga untuk mencintai kebersihan lingkungan, secara sadar tidak membuang sampah sembarangan, sadar membersihkan got di sekitar rumahnya, sadar mengelola limbah usaha rumah sakit, rumah makan, bengkel, warung, pedagang kecil, pabrik tahu, ternak sesuai ketentuan serta sadar membuang sampah pada waktunya di TPS,’’ pesannya.

Darmawan pun berharap, melalui rapat pembinaan Adipura tahap 2 ini, kita dapat melihat kelemahan dan program apa yang belum berjalan baik, khususnya pada indikator yang menjadi obyek penilaian. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...