Pelindo III Kekurangan Lahan Penumpukan Peti Kemas

Banjarmasin, KP – CeO PT Pelindo III Banjarmasin, Boy Robiyanto, kepada wartawan menyebutkan arus peti kemas yang masuk di Pelabuhan Tri Sakti Banjarmasin hingga bulan Oktober mengalami peningkatan dikisaran 4,4 persenan.

Disebutkan, pada bulan Oktober 2019, pertumbuhan arus peti kemas secara keseluruhan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Banjarmasin meningkat 4,4 persen, meskipun kita ketahui sempat mengalami penurunan pada 2017.

“ Alhamdulillah kembali mengalami peningkatan pada 2018 hingga 2019 peningkatan arus peti kemas itu menunjukan geliat perekonomian Kalsel semakin bergairah dan membaik,” jelasnya.

Hal ini kata Boy, sesuai dengan peningkatan ekonomi Kalsel dari data Bank Indonesia sebesar 5,6 persenan.

Berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019, Boy menargetkan peningkatan kapal kontainer sebesar 460.000 teus dan sejauh ini, target tersebut hampir terpenuhi yakni mencapai 420.000 teusan.

Berita Lainnya
1 dari 457
Loading...

Disebutkan setiap bulan, kontainer yang masuk diwilayah Pelindo III Banjarmasin sekitar 40 ribuan dengan kapasitasnya mencapai 500 bok baik kontainer besar dan kecil.

Meroketnya arus peti kemas dan kontainer, seakan memantik Pelindo III untuk melakukan pengembangan wilayah kawasan baru namun masih terkendala lahan ataupun lokasinya.

“ Kita masih terus berdiskusi dengan kantor Bulog karena area miliknya cukup luas dan untuk mencari alternatif lokasi lain, pihaknya juga terus berupaya melakukan optimalisasi pembebesan lapangan penumpukan kontainer,” bebernya.

“Tidak hanya sampai di situ upaya kami, Pelindo III pun telah menjalin koordinasi dengan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina ihwal pengembangan lahan tersebut karena milik Pemko joga ada diarea kawasan trisakti ini,’’terang Boy.

“Kalau seandainya disetujui wali kota, maka akan kita gunakan namun di luar lapangan penumpukan yang ada atau disebut daerah konsolidasi,” tutup Boy Robiyanto. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya