Program Ekonomi Kerakyatan Di Bartim Akan Diprioritaskan

Tamiang Layang , KP – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur akan terus berupaya mengawal program ekonomi kerakyatan yang menjadi prioritas untuk pembangunan di Kabupaten Barito Timur.

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi mengatakan, program ekonomi kerakyatan yang dikawal yakni melalui sektor pertanian.

“Kita mendorongnya melalui pelatihan teknis budidaya kopi rakyat kepada kelompok tani pada areal pengembangan tanam kopi rakyat,” kata Riza di Tamiang Layang, Selasa ( 22/10 )

Salah satu program yang akan diprioritaskan contohnya Kopi yang merupakan komoditas yang memiliki nilai ekonomis dan memiliki potensi bisa berkembang di Kabupaten Barito Timur karena kondisi geografis dan iklim yang sangat mendukung.

Berita Lainnya
1 dari 484
Loading...

Perluasan areal tanam kopi rakyat yang ditujukan untuk mensejahyerakan masyarakat yakni seluas 36 hektare dengan melibatkan petani penerima hibah sebanyak 72 orang terbagi tiga kelompok.

Program perluasan areal tanam kopi tersebut akan dilaksanakan secara berkelanjutan pada tahun berikutnya sehingga bisa menjadi mata pencaharian masyarakat.

“Masa tanamnya empat tahun dan sudah siap panen. Hasilnya akan menambah penghasilan masyarakat selaku petani karet karena harga komoditas karet cendrung rendah,”ungkap Riza

Seluruh penyuluh akan bekerja dan  ditugasi untuk mendampingi masyarakat  petani penerima hibah agar program tanam kopi bisa berhasil.

“Selain pendampingan dari penyuluh, kita juga melaksanakan pelatihan teknis kepada masyarakat tentang teknis penanaman kopi sehingga bisa memahami bagaimana penanaman kopi,” kata Riza lagi. (Vna/k-8)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya