Rumusan Program Ketahanan Pangan Saling Bersinergis

Tamiang Layang , KP – Komisi II DPRD Bartim meminta kepada Pemerintah Daerah setempat agar  rumusan program ketahanan pangan bisa saling bersinergis dan mendapat dukungan dari organisasi perangkat daerah lainnya.

“Maksudnya, tidak hanya program Dinas Ketahanan Pangan Bartim saja yang didukung. Tapi program organisasi perangkat daerah perlu bersinergis untuk mendukung program ketahanan pangan,” kata Ketua Komisi II Adolina Sendol di Tamiang Layang, Kamis ( 17/10 ).

Menurutnya, Adolina Sendol program ketahanan pangan  tersebut tidak hanya melekat pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur saja tapi juga bisa melekat pada OPD lainnya seperti Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Terlebih lagi sebagai upaya penanggulangan stunting atau gagal tumbuh.

Kolaborasi melalui sinergitas program ketahanan pangan pasti menemui kendala yang perlu formulasi untuk lebih baik lagi kedepannya.

“Maka dengan dilaksanakannya rapat kordinasi ketahanan pangan  ini merupakan wadah yang tepat untuk menghasilkan solusi terbaik dalam menghdapi kendala upaya meningkatkan kebutuhan pangan yang bergizi baik di bidang pertanian, peternakan maupun perikanan,” kata Adolina. 

Dia juga meminta agar penyuluh di lapangan bisa memberikan pendampingan secara berkelanjutan agar petani bisa menghasilkan produk pertanian yang memiliki manfaat bahkan nilai gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang manusia.

DPRD Barito Timur melalui Komisi II yang membidangi perekonomian, keuangan dan ketahanan pangan sangat mendukung program ketahanan pangan yang sinergis, sebagai upaya mewujudkan Barito Timur yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Berita Lainnya
1 dari 487
Loading...

Dukungan akan dibuktilan sesuai tugas pokok dan fungsi anggota DPRD Barito Timut baik di bidang pengawasan, anggaran dan legislasi.

“Hal ini juga selaras dengan pembangunan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan generasi Indonesia yang unggul dan berkualitas,” ungkap Adolina Sendol.

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur yang juga menjabat sebagai Pelaksana Teknis Kepala Dinas Ketahanan Pangan Riza Rahmadi mengatakan, kolaborasi program ketahanan pangan pada Dinas Pertanian telah dilaksanakan secara bersamaan.

“Dinas Pertanian melalui penyuluh juga sudah mendorong warga untuk memanfaatkan  lahan pekarangan sebagai wadah berkebun sayur dengan tujuan bisa memenuhi kebutuhan sayuran setiap hari,” katanya.

Ditambahkan Riza, program andalan kedepan yang akan dilaksanakan yakni bantuan bibit ternak seperti ayam petelur dan pedaging sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan di Barito Timur.

Program ketahanan pangan yang sudah terlaksana sejak beberapa tahun terkahir dianyatanya perluasan sawah melalui cetak sawah dan pengutamaan varietas padi lokal.

“Program ini sesuai arahan dan petunjuk Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, agar masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pangan bergizi dan bisa dikembangkan sebagai usaha yang diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkap Riza. (Vna)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya