Terbatas Anggaran, Jalan Lingkungan di Banjarmasin Belum Sepenuhnya Baik

Banjarmasin, KP – Sepanjang 720 kilometer jalan lingkungan di Banjarmasin pada tahun 2019 belum sepenuhnya bisa dilakukan pemeliharaan, pasalnya keterbatasan anggaran menjadi alasan utama Bidang Jalan dan PJU, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sehingga tidak terlaksana secara keseluruhan tersebut.

Kepala Bidang Jalan dan PJU, Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Chandra mengungkapkan pihaknya hanya menerima kucuran dana dari APBD tahun 2019 senilai Rp35 Miliar, jumlah ini dinilainya hanya cukup untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan jalan lingkungan sekitar 10 persen dari total panjang jalan lingkungan di Banjarmasin.

Chandra, Kepala Bidang Jalan dan PJU Dinas PUPR Kota Banjarmasin

“Iya, anggaran yang kurang ini kita hanya mampu melakukan pemeliharaan sebanyak 10 persennya saja, padahal kalau yang dirasa perlu perbaikan ini sekitar 20 persen dari total 720 kilometer panjang jalan,” ucapnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/11).

Chandra membeberkan dari total 720 kilometer jalan lingkungan, kondisi saat ini 60 persennya masih berada di kategori baik, kemudian 20 persennya berada pada kondisi sedang dan 20 persen lainnya dinilai butuh pemeliharaan.

Sementara itu, ia mengungkapkan pihaknya dari sektor penanganan pemeliharaan jalan lingkungan pada tahun 2019 hanya mendapat kucuran dana APBD senilai Rp35 Miliar, itupun dilanjutkannya harus dibagi pada 5 kecamatan di Banjarmasin.

“Jadi persatu kecamatannya kita kasih sekitar Rp7 Miliar lah, jumlah ini sebenarnya tidak cukup, tapi perlahan kita akan usahakan 100 persen jalan lingkungan di Banjarmasin kondisinya baik,” ungkapnya.

Chandra menambahkan, kondisi jalan lingkungan pada akhir tahun 2019 nanti ditarget terbagi menjadi 70 persen baik, 20 persen sedang dan tersisa 10 persen masih berada pada kondisi yang sebenarnya butuh pemeliharaan.

Ia berharap pada tahun berikutnya seluruh jalan lingkungan dapat berada pada kondisi baik 100 persen, “mudah mudahan perlahan terus dibenahi, dan ini untuk kepentingan seluruh masyarakat, kita akan berbuat maksimal,” pungkasnya. (Zai/KPO-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...