Banjarmasin Hanya Dapat 82 Formasi CPNS

Banjarmasin, KP – Mulai Selasa (12/11) pagi ini, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Pemerintah Kota Banjarmasin sudah dibuka. Bahkan bagi yang ingin mendaftar bisa membuka situs resminya di https://sscasn. bkn.go.id/.

Bahkan CPNS tahun ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, selain tidak adanya formasi untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan, juga banyak syarat lainnya.

“Tahun ini 82 formasi yang dibuka murni tenaga teknis semua. Formasinya benar-benar untuk Pemko Banjarmasin. Selain itu ada syarat yang mungkin berbeda dari daerah lainnya,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Banjarmasin, Safri Azmi, kemarin (11/11).

Azmi menerangkan, yang pertama adalah terkait Indeks Prestasi (IP). Bagi yang mendaftar CPNS tahun ini minimal harus memiliki IP 2,75 baik Negeri Maupun Swasta.

Yang kedua adalah, jika peserta yang bersangkutan sudah lolos seleksi CPNS, dan mereka sudah menerima NIP. Lalu mereka menjadi PNS selama lima tahun.

“Apabila yang bersangkutan mengundurkan diri sebelum lima tahun, maka yang bersangkutan akan dikenakan denda Rp100 juta,” bebernya.

Kemudian yang ketiga adalah, terkait pengabdian. Bukan hal rahasia lagi banyak peserta dari luar daerah yang ikut CPNS di Banjarmasin.

Bahkan guna menghindari CPNS di Banjarmasin sebagai batu loncatan saja, maka ada syarat jika sudah lolos jadi PNS di Banjarmsin.

“Mereka yang lolos akan diikat selama 10 tahun. Sehingga mereka yang lolos di Banjarmasin, lalu ingin kembali ke daerah asal beberapa waktu kemudian, tidak akan bisa. Karena biasanya banyak dari Jawa dan daerah lainnya,” ungkapnya.

Persyaratan yang mungkin sedikit berbeda dari daerah lainnya ini menurut Azmi untuk menjadikan CPNS di Pemko Banjarmasin sebagai ajang coba-coba maupun hanya sebagai batu loncatan saja.

“Karena formasi ini benar-benar memang untuk mengisi kekosongan di Pemko Banjarmasin, yang dibutuhkan saat ini,” pungkasnya. (vin/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...