Desa Kambat Utara Disiapkan Menjadi Agrowisata

Barabai, KP – Desa Kambat Utara Kecamatan Pandawan dicanangkan sebagai Desa Agro Wisata berdasarkan kajian Kajian Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkuran (ULM) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Kerja sama Pemkab HST dengan ULM telah dirintis Sejak tahun 2017 demikian yang disampaikan Dosen Fakultas Pertanian Juraida Titin Mariana disela sela Panen Jagung Hibrida dan Penanaman Padi secara tugal, kamis (21/11).

Menurut Juraida kawasan terpadu rawa lebak desa Kambat Utara di desain berdasarkan kajian dan sudah ditelaah secara mendalam sehingga sangat tepat dijadikan lahan yang berbasis agrowisata.

Lahan yang disiapkan sekita 5 hektar lebih nantinya akan dikembangkan untuk Pertanian tanaman palawija hultikultura, padi ternak itik maupun kolam ikan yang ditopang dengan saluran irigasi yang dapat mengalirkan air terutama untuk kolam ikan, ujarnya.

Berita Lainnya

Wabup HST Peringati HUT PMI Ke 75

Kodim 1002 Barabai Gelar Komsos Dengan KBT

1 dari 1.196
Loading...

Bupati HST H A Chairansyah sangat terkesan dan bertekad agar kawasan agrowisata benar benar bisa terialisasi pada tahun 2020 karena akan bisa dijadikan sebagai objek wisata baru dengan mengandalkan alam yang berbasis lahan pertanian.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait baik dengan Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Pariwisata, Bappalitbangda, Camat Pandawan serta Pambakal Kambat Utara sendiri, kata Chairansyah.

Gagasan yang dicanangkan dari Universitas Lambung Mangkurat ini tentunya sangat positif dalam mengembangkan suatu wilayah terutama di bidang pertanian.

Sehingga lahan rawa lebak bisa untuk di manfaatkan sebagai tempat pertanian dan perkebunan serta perikanan yang terpadu sekaligus bisa menarik wisatawan yang akan melihat langsung produk yang dihasilkan karena berbentuk suatu kawasan wisata  berbasis lingkungan, harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Selatan Ir.H.Syamsir Rahman,MS memberikan dukungan penuh terhadap desa kambat utara dijadikan agrowisata dan akan memperjuangkan ditingkat provinsi maupun ke pusat.

Mari kita ciptakan di HST agrowisata yang bisa menghasilkan pariwisata dan pertanian sehingga kedepan akan meningkatkan  Pendapatan Asli Daerah, ajaknya. (adv/ary/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya