Dewan Sumbang Kebakaran Pulau Sebuku

Banjarmasin, KP – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK prihatin dengan kebakaran yang terjadi ke Kecamatan Sebuku, Kabupaten Kotabaru yang mengakibatkan 400 rumah warga habis dilalap api pada Minggu (24/11).

“Kita prihatin dengan musibah dengan dialami warga di Pulau Sebuku,’’ kata Supian HK usai paripurna dewan dengan agenda tanggapan fraksi terhadap usulan dua raperda, Senin (25/11), di Banjarmasin.

Untuk itulah, anggota dewan dan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang hadir pada paripurna secara spontan mengumpulkan sumbangan agar bisa membantu korban kebakaran.

Menurut Supian, kebakaran ini seharusnya bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak, agar tidak terulang lagi, terutama untuk memperhatikan kondisi rumah, aliran listrik maupun pemadam kebakaran masih minim.

“Diharapkan dengan adanya Perda tentang Pemadam Kebakaran yang kini digodok dewan bisa mensyaratkan setiap kecamatan memiliki pemadam kebakaran yang layak,’’ jelas politisi Partai Golkar.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kalsel, H AM Rozaniansyah mengatakan, upaya penggalangan dana bantuan tersebut merupakan inisiatif Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK yang disetujui pula oleh anggota Dewan.

“Dini hari waktu mendapat kabar kebakaran itu, Ketua langsung hubungi saya untuk koordinasikan membuat upaya mengumpulkan bantuan,’’ kata Rozaniansyah.

Selain bantuan dana, Sekretariat DPRD Kalsel juga memfasilitasi para anggota Dewan maupun pegawai di lingkungan Sekretariat Dewan yang ingin menyumbangkan dalam bentuk lain termasuk pakaian layak pakai untuk para korban bencana kebakaran.

Menurut Sekwan, ada dua alternatif pendistribusian bantuan yang terkumpul, yaitu melalui Dinas Sosial Provinsi Kalsel atau bisa juga langsung diantarkan dan diserahkan anggota Dewan yang akan berangkat meninjau lokasi musibah di Pulau Sebuku kepada para korban bencana. (lyn/KPO-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...