Dishub Kalsel Bangun 58 PJU Dukung Akses Bandara

Banjarbaru,  KP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung penuh operasional terminal baru Bandara Syamsudin Noor. 

Selain Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), yang menggelontorkan dana untuk pembangunan akses jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) juga menyuntik anggaran untuk pembangunan Fasilitas Keselamatan (Faskes) jalan umum.

Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2019 dialokasikan beberapa kegiatan pembangunan penunjang akses bandara yang melewati jalan baru tersebut.

Sebagaimana dijelaskan Sekretaris Dishub Kalsel, M Mirhansyah, Senin (11/11), tahun ini pihaknya mengalokasikan pembangunan 58 unit penerangan jalan umum (PJU).

“Tahun 2020 mendatang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga membantu membangun PJU solar cell sebanyak 300 unit untuk akses bandara, dari total 900 unit untuk Kalsel,” katanya.

Selain PJU, Dishub juga membantu untuk pemasangan rambu sebanyak 150 unit, RPPJ sebanyak 16 unit, Warning 26 unit, Delineator sebanyak 306, serta marka jalan untuk akses bandara 20 kilometer.

“Semua ini dilaksanakan dengan harapan ketika calon penumpang menuju ke bandara Syamsudin Noor nyaman dan aman ketika melintas di akses jalan menuju bandara,” beber Mirhan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, H Rusdiansyah menambahkan mulai tangg 26 Agustus 2019 sesuai dengan SK Menhub, status Bandara Syamsudin Noor sudah internasional.

“Mudahan dengan status internasional ini ada perusahaan airline yang membuka jalur penerbangan keluar negeri, Banharmasin- KL, Singapura, atau Thailand dalam waktu cepat.

Selain itu yang pasti keberangkatan jemaah umrah langsung Banjarmasin-Arab Saudi, dan ini diharapkan mendongkrak perekonomian masyarakat di Kalsel agar lebih berkembang cepat,” kata Rusdiansyah. (mns/K-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...