Kalsel Tuan Rumah Terbaik Pra PON Cabor Kempo

Kontingen peserta PraPON Kempo. (Kp/nafarin fauzy)

BANJARMASIN, KP – Ketua umum PB Perkemi, Aswari Rivai menuturkan ajang babak Pra Kualifikasi PON Cabang Kempo yang diikuti 33 Provinsi di Indonesia, dengan 570 atlet yang bertanding. ” Ada beberapa daerah yang menginginkan hal yang sama, menjadi tuan rumah. Kita melihat Pemerintah dan Masyarakat di Kalsel sangat baik menyambut pergelaran ini, dan kegiatan ini berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Anwari Rivai mengungkapkan bahwa Kalimantan Selatan dinilai sebagai tuan rumah terbaik dalam pelaksanaan even Kejuaraan Nasional, sekaligus ajang perebutan tiket ke PON XX tahun 2020 di Papua, paparnya saat upacara pembukaan Rabu (13/11) oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekadaprov) Kalsel, H Abdul Harris Makkie.

Kalsel didapuk menjadi Tuan Rumah babak Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Cabor Kempo. Sekitar 570 atlet kempo mengikuti ajang ini yang akan berlomba di 17 nomor yang dipertandingkan yakni 6 landore dan 11 embo.

Kegiatan yang bertajuk Kejuaraan Nasional Shorinji Kempo ini difokuskan di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru. Kualifikasi ini, merupakan tiket menuju PON Papua XX pada 2020. Pertandingan digelar sampai dengan (16/11/2019). Dan pembukaannya digelar Hari ini Rabu, (13/11/2019)

Sekdaprov Abdul Harris, resmikan PraPON Kempo. (Kp/nafarin fauzy)

Kadispora Kalsel H Hermansyah didampingi Kabid Pembina Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel M Fitri Hernadi mengatakan, sesuai keinginan Kempo Pusat, GOR yang akan jadi venues pertandingan PraPON Kempo sudah direnovasi. “Kita sudah membenahi GOR Rudy Resnawan agar memenuhi standar pelaksanaan kejuaraan nasional,” ujarnya.

Ketua Pengurus Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Porkemi) Kalsel, Akhmad Fidayeen menuturkan kontingen Kalsel berjumlah 21 orang yang terdiri 17 pria dan 4 wanita. “Sebagai tuan rumah, Kita berharap bisa sukses pelaksanaan dan sukses prestasi, juga tidak kalah penting bisa meloloskan banyak atlet ke PON 2020 Papua nantinya,” terangnya.

Atlet Kalsel pada ajang Pra PON ini turun di sembilan nomor pertandingan. Nomor yang diikuti Randori putra kelas 60 kilogram (kg), Randori putra kelas 65 kg. Lalu Randori putra kelas 70 kg, Randori putri kelas 55 kg, Randori putri kelas 60 kg, Randori putri kelas 65 kg, Embu berpasangan campuran kyukenshi, Embu berpasangan putra Kyukenshi, dan Embu beregu putera.

Pihaknya pun mematok target tiga medali emas dari kontingen Kalsel dan meloloskan 6 nomor ke babak PON. Di ajang ini sesuai keputusan KONI Kalsel yang berhak diberangkatkan ke PON adalah urutan satu sampai 4 babak Pra PON. (rel/nfr/k-9)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...