Orasi Ilmiah Satu Dasawarsa Genre Indonesia

ORASI ILMIAH – Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI, h.Nofrijal saat menyampaikan orasi ilmiah “Satu Dasawarsa Genre Indonesia” di kampus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB). (kp/lili)
98

BANJARMASIN, KP – Sekretaris Utama BKKBN Republik Indonesia, H.Nofrijal menyampaikan orasi ilmiah Satu Dasawarsa Genre Indonesia di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB), Selasa (19/11).

Orasi Ilmiah sebagai bagian dari pembinaan ketahanan remaja yaitu dalam upaya menyiapkan remaja sebagai calon orang tua agar mampu membangun keluarga berkualitas sehingga melahirkan generasi yang juga berkualitas serta remaja sebagai calon penduduk usia produktif agar mampu menjadi aktor pelaku pembagunan.

Untuk itu, BKKBN Kalsel terus gencar mensosialisasikan program genre ke berbagai daerah, termasuk mendatangi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, untuk menyampaikan Orasi Ilmiah satu dasawarsa Genre Indonesia dengan pembicara pembicara oleh Sekretaris Utama BKKBN Pusat, Nofrijal.

Yang dihadiri ratusan mahasiswa di kampus terapung UMB, para dosen serta jajaran BKKBN Provinsi Kalsel.

Plt. Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalsel, Ir. H.Ramlan, MA mengatakan berdasarkan pasal 48 W No 52 Tahun 2009 tentang pembinaan ketahanan remaja dilakukan dengan memberikan akses informasi, pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga.

Menurut Ramlan, pembinaan ketahan remaja adalah terbentuknya Genre remaja yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati transisi kehidupan remaja degan mempraktekkan hidup bersih dan sehat, melanjutkan pendidikan, memulai berkarir menjadi anggota masyarakat yang baik serta membangun keluarga yang berkualitas.

“Kondisi remaja saat ini berdasarkan data UNFRA tahun 2014 menggambarkan bahwa diantara 7,2 juta pengangguran di Indonesia 71% diantaranya adalah remaja. Hal ini menunjukan bagaimana kualitas remaja sehingga tidak mampu bersaing untuk mendapatkan pekerjaan,” ujar Ramlan.

Oleh karena itu pembinaan ketahanan remaja mutlak diperlukan karena kondisi remaja saat ini bukan tanpa tantangan. “Masih ada permasalahan yang mengancam remaja terutama yang terkait dengan kesehatan reproduksi dan gizi yang akan berdampak pada kualitasnya sebagai aktor pembangunan dan kesiapannya dalam membangun keluarga,” paparnya.

Orasi ilmiah Satu Dasawarsa Genre ini bertujuan untuk membagun kesadaran tentang pentingnya perencanaan berkeluarga bagi remaja dalam mempersiapkan dan melewati transisi kehidupan remaja.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor 3 UMB, Musphyanti Chalida Putri mengatakan, secara institusi kami menyambut baik dengan kegiatan aksi genre yang digelar BKKBN

Selain itu, Mushhyanti mengungkapkan pihaknya juga memiliki ruangan khusus Genre bagi mahasiswa, sehingga bisa untuk memberikan konsultasi.

“Kami punya ruangan khusus GenRe bagi mahasisiwa yang ingin melakukan pelayanan konseling terhadap teman-teman sebaya,” pungkas Musphyanti Chalida. (lia/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...