Angkutan Laut Mulai Meningkat Jelang Naru

Banjarmasin, KP – Manager Cabang Dharma Lautan Utama (DLU) Banjarmasin, Anton Wahyudi SE, menyebutkan satu minggu jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (NARU) mulai ada peningkatan kiriman barang dan penumpang yang mudik ke Pulau Jawa.

Hal ini dikatakan Anton Wahyudi menjawab pertanyaan wartawan, Minggu (15/12).

Dikatakan, dalam kondisi yang normal angkutan armada truck yang masuk kisaran 30 sampai 40 unit dan ketika mendekati Naru naik hingga 20 persen dengan angkutan yang mendominasi sayur-mayur dan bawang hingga sampai 50 unit.

Dikatakan Anton, jumlah penumpang yang mudik Naru naik hingga 100 persen namun dari jumlah yang penumpang yang sebelumnya kisaran 100 hingga 200 orang.

“ Aku prediksi puncak arus mudik penumpang khususnya tahun ini nanti dimulai pada 23 dan 24 dan lanjut lagi tanggal 28 hingga 29 Desember 2019,” jelasnya.

Untuk harga tiket penumpang memang ada naik tapi tidak terlalu besar ada kenaikannya hanya kisaran 8 persen saja dari harga normalnya atau sekitar Rp320.000 dimulai tangga 18 Desember sedangkan armada mobil pribadi masih normal.

Berita Lainnya
1 dari 457
Loading...

Disebutkan, sampai saat ini armada kapal yang masuk paling aktif ke Banjarmasin yakni KM Kirana IX dan KM Dharma Kartika IX dengan kafasitas besar semua ini bisa mengangkut 65 truk besar dan mobil kecil 150 unit.

“ Kami berharap Naru tahun ini ada kenaikkan karena libur yang panjang selain itu momen-momen politik sudah selesai,” sebutnya

Karno salah satu petugas jaga Pelabuhan Trisakti kepada wartawan menjelaskan, memasuki akan Naru saat ini belum ada kenaikkan yang berarti jumlah penumpangnya semua masih berjalan normal kecuali angkutan truk yang masuk saat ini membawa sembako, bahan konveksi hingga material bangunan ada peningkatan.

Jika dilihat kondisi armada truk saat ini kemungkinan besar ini akan berlanjut hingga akhir tahun mengingat info dari para pemilik ekspedisi daya beli warga yang mulai membaik.

H Junai pedagang konveksi Pasar Cempaka Baru mengatakan, saat ini teman-teman mulai ada melakukan stok barang karena jelang Naru warga kota yang melaksanakan cukup banyak.

“Semoga Naru tahun ini penjualan barang konveksi kami dan teman-teman bisa meningkat kembali jika dibanding Naru tahun lalu,” harapnya kakek 1 cucu ini. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya