Awasi Politik Uang Pada Pilkada, Bawaslu Rangkul Generasi Milenial

Banjarmasin, KP – Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengajak warga masyarakat, khususnya generasi milenial (echo boomers) turut melakukan pengawasan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, khususnya di Kalsel.

“Ada dua objek utama pengawasan bagi generasi muda ya g kita harapkan turut berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada 2020. Pertama, politik yang, dan kedua, ujaran kebencian,” ujar Ketua Bawaslu RI, Abhan SH MH, saat meresmikan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bertemakan Generasi Muda Awasi Pilkada, Ahad (8/12) di halaman Balai Kota Banjarmasin.

Menurut Abhan, kaum muda harus siap menolak politik uang. “Kalian siap menolak politik uang?” tanya Abhan, yang sontak disahut anak-anak muda yang duduk dan berdiri di depannya, “Siaaaaaap!”

Generasi kalian, tegas Abhan, harus memiliki komitmen yang kuat menolak politik uang, sehingga pasangan calon  kepala daerah yang terpilih adalah calon terbaik dan mampu membawa kemajuan daerahnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah SAg MSi mengatakan, kita ingin Pilkada 2020 di Kalsel adalah pilkada yang bersih dan bermartabat, sehingga kepala daerah yang terpilih pun yang terbaik.

Untuk itu, lanjut Erna, pihaknya mengajak generasi muda dan mahasiswa turut berpartisipasi aktif  dalam pengawasan. “Mari kita mengawasi pemilihan dengan riang gembira, happy, dan bertanggjawab,” ajak mantan aktivis LK3 Banjarmasin itu.

Kiranya, tambah Erna, komitmen Bawaslu dalam pengawasan pemilihan tersebut akan tetap mendapat dukungan para stakeholders.
Apa yang dia harapkan ternyata ibarat gayung bersambut, sebagaimana pernyataan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, H Sarmuji SAg MAg.

Berita Lainnya

Pasien Sembuh Covid Semakin Meningkat

1 dari 868
Loading...

Saat ini kita sudah memasuki proses pilkada dan kami bertekat melaksanakan Pilkada  yang berintegritas dan pastinya kami  sangat mendukung Bawaslu mengawasi dengan pengawasan partisipatif, sehingga pilkada yang bermartabat akan tercapai.

Terpisah, Koordinator Divisi Organisasi & SDM Bawaslu Kalsel, Ir Iwan Setiawan MP mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan hari ini

dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat (parmas) Pilkada di Kalsel, yaitu di tingkat provinsi dan di tujuh kabupaten/kota.

“Kita rangkul generasi milenial, karena mayoritas mereka merupakan pemilih pemula, supaya tidak ada pihak-pihak yang memanfaatkan mereka ke arah yang menodai pemilu bersih.

“Kami yakin generasi milenial mampu membantu pengawasan dan sekaligus . mengedukasi mereka,” ucap Iwan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, H Muhammad Yasar Lc mengatakan, dengan momentum ini, pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak muda milenial, bersama-sama membangun demokrasi yang bersih dan berintegritas dengan cara berpartisipasi mengawasi dan melaporkan pelanggaran pilkada nantinya di 2020.

“Di tangan kalianlah perubahan suatu bangsa, ke arah Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Pada kegiatan oleh Bawaslu Kalsel ini, selain menggelar senam pengawasan dengan aneka doorprize, juga ada lomba memasak nasi goreng, lomba melukis mural, dan lomba baca puisi bertema tolak politik uang. Untuk lomba memasak dimenangkan oleh Bawaslu Kota Banjarmasin dan Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Tengah. (vin/K-8)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya