Bangunan Taman Budaya Tidak Cerminkan Pusat Pendidikan Kebudayaan Banjar

BANJARMASIN, KP – Prihatin bangunan Taman Budaya Kalsel, tidak cerminkan Pusat Pendidikan Kebudayaan Banjar.

Itulah kata disampaikan anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) saat melakukan kunjungan mendadak (sidak).

“Kita sangat prihatin terhadap infrastruktur bangunan Taman Budaya yang tidak mencerminkan pusat pendidikan kebudayaan Banjar ini.” Ungkap  Ketua Komisi IV, Muhammad Lutfi Saipuddin.

Ia melakukan sidak didampingi Bendahara Komisi, H Troy Satria juga anggota lainnya saat berkunjung ke Taman Budaya Kalsel di Jalan Hasan Basry (Kayu Tangi) Banjarmasin Utara, Kamis (27/12) sore.

Bahkan legislator saat tiba di Taman Budaya juga menemukan beberapa bangunan yang jauh dari kebudayaan Kalimantan Selatan.

“Kalau seperti ini rasa-rasanya, tidak menunjukkan dari budaya Kalsel,” ucapnya.

Padahal lanjutnya, pusat pendidikan dan pengembangan budaya Banjar yang berada di tengah kota ini merupakan Icon Kota.

Berita Lainnya
1 dari 1.038

Namun nyatakan bangunannya tampak kusam dan kurang bersahabat, sehingga harus dibenani dan dibangun ulang.

“Kita mau didesai yang bagus karena kondisi Taman Budaya sekarang ini kurang menarik dan bangunannya kerap Banjir jika hujan karena sudah rendah,’’ tambah politisi Partai Golkar H Troy Satria yang mengajak membandingkan Taman Budaya di daerah lain yang pernah dikunjungi.

Ia menjelaskan dengan dinamakannya Taman Budaya seharusnya dapat mempresentasikan dari kata tersebut agar benar-benar terwujud dan menjadi jati diri kebudayaan Kalsel.

“Bukan hanya sekedar renovasi, akan tetapi harus dilakukan penataan ulang agar kebudayaan Kalsel dapat lebih ditonjolkan,” paparnya.

Adapun Taman Budaya akan menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kalsel dan DPRD Kalsel agar jadi diri kebudayaan Kalsel dapat dibangun dan lebih dikembangkan.

“Kedepan kita akan bekerjasama dengan Dinas terkait agar melakukan perencanaan dan ditata ulang segala bentuk infrastruktur agar lebih mencerminkan kebudayaan Kalsel,” bebernya.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Budaya Kalsel, Suharyanti mengatakan pembangunan infrastruktur Taman Budaya dilakukan secara bertahap.

“Sangat bersyukur dewan saat memperhatikan kondisi Taman budaya,” ujarnya.

Ia mengakui permintaan anggaran Taman Budaya sudah dipenuhi dan dijalankan dengan baik, namun pembangunan dilakukan secara bertahap.(vin/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya