Dewan Dukung Perda Ramah Investasi

RAMAH INVESTASI – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK pada pertemuan dengan Direktorat Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri, yang mendukung kebijakan pemerintah terkait peraturan daerah yang ramah investasi. (KP/ist)

JAKARTA, KP – DPRD Provinsi Kalsel mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait regulasi atau peraturan daerah yang ramah investasi, agar pelaku usaha dapat melakukan investasi usahanya dengan baik

“Sehingga pertumbuhan ekonomi di Kalsel berjalan dengan baik dan terciptanya iklim usaha yang kondusif,’’ kata Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, Jumat (29/11).

Hal tersebut diungkapkannya di sela kunjungan kerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) DPRD Kalsel ke Direktorat Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta, Jumat (29/11).

Supian menyatakan, dukungannya dengan kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo tersebut, karena merupakan hal yang positif bagi masyarakat di Kalsel.

Diungkapkan, peraturan daerah (Perda) yang akan nantinya akan ditetapkan, setelah diimplementasikan diharapkan tidak akan menimbulkan jalur pelayanan birokrasi yang panjang dan memberatkan pelaku usaha sehingga tidak mengganggu kemudahan dalam melakukan usaha.

“Diharapkan, Perda yang dihasilkan lebih berkualitas untuk mempersempit dan mempermudah jalur pelayanan serta tidak menghambat investasi,’’ tambah politisi Partai Golkar.

Sementara itu, Ketua BP Perda DPRD Kalsel, H Hormansyah mengatakan, dari 20 rancangan peraturan daerah (Raperda) yang ada dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda), setidaknya ada empat Raperda yang berkaitan langsung dengan investasi.

Diantaranya, Raperda tentang rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan pemukiman, raperda pembangunan perkebunan berkelanjutan, raperda penyelenggaran pariwisata, dan raperda pemberdayaan desa wisata.

“Perda tersebut akan kita perhatikan agar ramah investasi,’’ ungkapnya politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurut Hormansyah, kemudahan investasi ini diperlukan agar investor dari luar mau menanamkan modalnya di daerah ini, sehingga mampu menggerakan perekonomian di daerah ini.

“Kita memerlukan masuknya investasi baru, agar mampu menggerakan sektor ekonomi, yang tidak lagi di sektor pertambangan, namun lebih pada sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif,’’ ujar anggota Komisi III DPRD Kalsel ini.

Dilain pihak Direktur Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri Sukoyo berpesan juga agar mereview perda-perda yang telah lalu untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini agar terciptanya iklim investasi usaha yang kondusif untuk sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. (lyn/K-1)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...