Komisi II Akan RDP Dua PBS Sawit di Kapuas

Sekretaris Komisi II DPRD Kapuas, Darwandie
2.494

Kuala Kapuas, KP – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dalam waktu segera akan memanggil dua perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah setempat, yakni PT Lifere Agro Kapuas (LAK) dan PT Globalindo Agung Lestari (GAL), untuk melakukan rapat dengar pendapat (RDP).

RDP ini dilakukan, menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait adanya ketidak konsistenan dua perusahaan besar swasta (PBS) tersebut, dalam rangka menindaklanjuti hasil penyelesaian sengketa melalui sidang adat Lembaga Komando Pertahanan Adat Dayak.

“Karena ini sudah dilakukan keputusan yang ingkrah, walau pun kita tidak tahu mekanisme persidangannya seperti apa. Tapi karena ini menyangkut masyarakat yang pengaduannya masuk ke DPRD, terpaksa kita fasilitasi dengan rapat dengar pendapat,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas, Darwandie, di Kuala Kapuas, kemarin.

Wakil rakyat yang terpilih kembali di Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas II ini mengatakan, bahwa selain perusahaan pihaknya juga akan mengundang perwakilan masyarakat Desa Sido Mulyo B5 Kecamatan Mantangai serta unsur lainnya termasuk Damang kepala Adat dan Kepala Desa (Kades) setempat.

“Agenda rapat dengar pendapat ini sudah masuk dalam jadwal tentatif kita. Selain perusahaan, perwakilan masyarakat Desa Sidomulyo juga akan kita undang, termasuk Damang dan Kepala Desanya,” ujar Legislator dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Terkait hal tersebut, Darwandie berharap rapat dengar pendapat yang dijadwalkan berlangsung pada, Senin (16/12/2019) mendatang, bisa dihadiri seluruh eleman yang diundang.

“Sehingga kita bisa mengambil kesimpulan bagaimana kita menarik benang merah dari persoalan ini agar tidak berlarut-larut,” katanya. (Al)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...