Perwakilan US Embassy Sambangi DPRD Kalsel

Banjarmasin, KP – Perwakilan US Embassy atau duta besar Amerika Serikat bidang politik, Steven Watson menyambangi DPRD Kalsel untuk bersilaturahmi sekaligus melihat perbandingan pandangan politik dan demokrasi di daerah Kalsel.

“Kalsel dipilih sebagai lokasi tujuan, karena termasuk wilayah yang aman dan kondusif pada pelaksanaan Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden lalu,’’ kata Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK kepada wartawan, usai pertemuan dengan perwakilan duta besar Amerika Serikat, Rabu (11/12), di Banjarmasin.

Hal ini dikarenakan Pemilu lalu merupakan salah satu pemilu terumit yang ada di dunia, karena menggabungkan pemilihan presiden, anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota, sehingga menarik untuk dipelajari.

“Namun penyelenggaraan Pemilu dinilai mampu melaksanakannya sesuai dengan aturan yang berlaku dan sukses, serta mampu menjaga suasana tetap kondusif,’’ jelas politisi Partai Golkar ini.

Berita Lainnya

Pelanggan PDAM Banteng Dipastikan Mati 8 Jam

55 Nelayan Terima Paket Konversi BBM Ke BBG

1 dari 1.800

Selain itu, Kalsel sebagai provinsi penyangga bagi Ibukota negara yang baru di Kaltim tentu akan merasakan dampaknya, sehingga merasa perlu untuk melihat langsung kondisi Kalsel baik secara geografis, kultural, budaya dan lainnya.

Supian menambahkan, sebagai penyangga ibukota baru tentu Kalsel harus bisa mempersiapkan segalanya apakah infrastrukturnya, sarana prasarana maupun hal penunjang lainnya sehingga ini yang ingin mereka ketahui apalagi tadi banyak keunikan ketika mengunjungi Kalsel.

“Sebagai Provinsi tertua di Kalimantan tentu Kalsel bisa merasakan dampak positifnya,’’ ujar Supian.

Lebih lanjut diungkapkan, perwakilan duta besar ini juga menjelaskan perpolitikan di Amerika berjalan aman dan lancar dengan dua partai politik (parpol) saja, berbeda di Indonesia begitu banyak ada 16 parpol.

“Tetapi di tingkat legislatif ada persamaan dengan Amerika seperti Alat Kelengkapan Dewan (AKD), jumlah komisi dan lainnya,’’ ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel V, yang meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong. (lyn/KPO-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya