Ribuan Paket Bantuan Disalurkan Dihari HKSN ke 62 di Balangan

7.526

Paringin, KP – Ribuan paket bantuan sosial dibagikan pada peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke 62 dan Hari Disabilitas Internasional (HDI yang digelar di Halaman Kantor Bupati Balangan, Minggu (15/12).

Kegiatan bertajuk ‘Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas’ tersebut dihadiri Dirjen Pemberdayaan Sosial (Dayasos), Pepen Nazaruddin, Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos RI, Andi Hanindito, Gubernur Kalsel H Syahbirin Nor, Bupati Balangan H Ansharuddin, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan, unsur Forkopimda, para Kepala OPD di lingkup pemkab setempat serta undangan lainnya.

Bantuan tersebut ada yang berupa bantuan jaminan sosial lanjut usia, bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) serta bantuan bagi disabilitas. Bantuan itu didapat dari Kemensos, Pemprov Kalsel dan Pemkab Balangan.

Bupati H Ansharuddin menyampaikan, peringatan HKSN perlu diperingati secara berkelanjutan, mengingat kesetiakawanan adalah nilai dasar yang merupakan jati diri bangsa Indonesia, mereaksikan budaya dan kearifan nasional atau nilai nilai Pancasila serta kearifan lokal.

“Kesetiakawanan sosial terwujud dalam bentuk pikiran, sikap dan tindakan saling peduli serta berbagi dengan dilandasi kerelaan, kebersamaan dan kesetiaan,” katanya.

Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos RI, Andi Hanindito mengungkapkan, dengan digelarnya kegiatan ini, menunjukan bukti nyata bahwa pemerintah harus hadir untuk memenuhi dan melindungi hak hak mereka sebagai warga negara.

“Warga kita yang masuk golongan miskin dan juga bagi penyandang disabilitas, mereka itu tetap sebagai anak anak bangsa. Tentunya masyarakat juga harus berkontribusi untuk membantu dalam memenuhi dan melindungi hak hak mereka,” imbuhnya.

Gubernur Kalsel yang sering disapa Paman Birin menegaskan, nilai kesetiakawanan sosial dapat dijadikan modal sosial, yang memiliki posisi strategis untuk menumbuhkembangkan semangat kebersamaan, saling percaya dan menerima, integritas dan keterikatan sosial yang dinyatakan melalui kerelaan proaktif serta kepedulian untuk berkorban bersama masyarakat yang membutuhkan, dalam kerangka mewujudkan Indonesia sejahtera Berbudaya Pancasila.

“Saya mengajak para aparatur pemerintah dan masyarakat Balangan senantiasa menempatkan konsepsi kekamian dan kekitaan secara strategis, agar menjadi proteksi atas konsepsi keakuan yang cenderung menjadi sumber munculnya kesejangan,” pungkas Paman Birin. (jun/KPO-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...