2020, Pertumbuhan Ekonomi Kalsel Diprediksi Meningkat

Banjarmasin, KP – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Herawanto kepada wartawan menyebutkan, dengan memanfaatkan segala potensi dan peluang secara maksimal, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan di tahun 2020 ini diprediksi akan tumbuh cepat dan meningkat.

“Pertumbuhan ekonomi Kalsel secara keseluruhan tahun 2020 berpeluang tumbuh meningkat pada kisaran 4,5 persen sampai 4,9 persen, lebih tinggi dari prakiraan tahun 2019,” jelasnya, kemaren.

Ditegaskan, kalau kedepannya Kalsel jangan hanya mengandalkan pada sektor pertambangan seperti batubara, Walaupun saat ini masih dapat menyumbang pemasukan bagi daerah.

Kalsel perlu menambah sektor sektor baru sebagai upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah ini, salah satunya pengolahan biodiesel yang sudah mulai terbukti mendongkrak pertumbuhan pertanian kelapa sawit.

Selain itu ada pula sektor pariwisata dan perikanan yang menurutnya tidak kalah penting, mengingat peluang pariwisata dan perikanan di Kalsel sangat memungkinkan untuk dikembangkan potensinya.

“Kalau pemerintah daerah dapat bersinergi dan bisa memanfaatkanp otensi peluang yang ada, tidak mustahil semua bisa dicapai,” tambahnya.

Perlu diketahui realisasi inflasi IHK Kalsel pada bulan Desember 2019 mencatatkan inflasi sebesar 0,54% (mtm), setelah pada bulan sebelumnya mencatatkan inflasi sebesar 0,23% (mtm).

Secara tahunan Inflasi IHK Kalsel Tahun 2019 tercatat 4,01% (yoy) masih dalam sasaran inflasi nasional sebesar 3,5±1%.

Tidak lupa pada kesempatan itup ihaknya juga terus mendorong perluasan penggunaan non tunai di daerah.Seperti yang kita ketahui Bank Indonesia telah me-launching QRIS pada 17 Agustus 2019 secara nasional.

“Saat ini tercatat 11.480 merchants (Des’19) yang telah on boarding QRIS di Kalsel dan terus bertambah.Sesuai ketentuan, per Januari 2020 QRIS wajib digunakan secara nasional di seluruh merchant yang telah memiliki pembayaran via QR Code,” pungkasnya. (hif/K-1)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...