DLH Banjarmasin Hemat Anggaran Miliaran

Banjarmasin,KP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, berhasil melakukan efesiensi atau penghematan anggaran cukup signifikan dalam merealisasikan seluruh kegiatan yang sebelumnya telah diprogramkan.

Dalam APBD tahun 2019 lalu, DLH berhasil menghemat anggaran kurang lebih mencapai puluhan puluhan miliar. Penghematan anggaran ini salah satu diantaranya karena DLH dalam melaksanakan kegiatan sesuai kebutuhan, kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar kepada sejumlah wartawan, Kamis (2/1) lalu.

Dirincinkan, penghematan anggaran paling besar dari alokasi dan pemeliharaan alat berat angkutan sampah dan dana cadangan bahan bakar minyak (BBM) sekitar Rp 6 miliar, kelebihan biaya perjalanan dinas sekitar Rp 80 juta, dan kelebihan anggaran sisa dari hasil lelang proyek yang sebelumnya telah diprogramkan DLH .

Selanjutnya, kelebihan anggaran lelang proyek karena penawaran diajukan pihak kontraktor biasanya tidak lebih di atas dari pagu anggaran dialokasikan. Seperti proyek saat dilaksanakan proses lelang sebesar Rp 6 miliar, biasanya ketika saat penawaran di bawah pagu dari anggaran yang dialokasikan, ujar Mukhyar mencontohkan.

Ia juga mengemukakan, seluruh kegiatan dari hasil efesiensi penghematan anggaran tersebut seluruhnya sudah dikembalikan ke kas daerah Kota Banjarmasin.

Menyinggung realisasi capaian pelaksanaan anggaran, Mukhyar menjelaskan, dalam tahun 2019 mencapai 92,87 persen.Meski diakuinya, dibanding tahun-tahun sebelumnya sedikit mengalami penurunan dengan capaian sekitar 94 persen lebih.

Berita Lainnya
1 dari 1.771
Loading...

Mukhyar berpendapat, realisasi serapan anggaran ini dinilai masih dalam batas kewajaran, karena sangat jarang ada SOPD dalam merealisasikan kegiatan fisik melalui serapan anggaran hingga 100 persen.

Salah satu ya karena lelang proyek biasanya penawaran yang diajukan kontraktor biasa lebih rendah dari pagu anggaran disediakan,sehingga hal ini tentunya berdampak pada penghematan dari segi anggaran katanya.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Muhammad Isnaeni , SE menyampaikan, apresiasinya terhadap keberhasil DLH yang dalam program dan kegiatannya mampu melakukan efesiensi penghematan anggaran.

Ia juga berharap, agar penghematan anggaran ini juga bisa ditiru Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya di lingkungan Pemko Banjarmasin. Kendati ujarnya, SKPD juga diharapkan mampu mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Namun disisi lain, SKPD juga diharapkan dalam penggunaan anggaran dengan tetap mengutamakan prinsip efesiensi dan efektifitas. Dalam arti penggunaan anggaran haruslah benar-benar tepat sasaran sesuai kebutuhan serta mampu menghidari hal-hal yang sifatnya pemborosan, kata Muhammad Isnaeni.

Meski pada bagian ia juga mengingatkan, khusus dalam melaksanakan kegiatan fisik atau dan anggarannya yang sudah dialokasikan dalam APBD wajib direalisasikan. Apalagi program itu tandasnya, dalam kerangka pemenuhan berbagai infrastruktur peningkatan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Hal ini perlu diingatkan dari harusnya menjadi perhatian seluruh SKPD, agar minimnya serapan anggaran yang mestinya digunakan membiayai pelaksanaan pembangunan dan berdampak pada sisa anggaran lebih (silpa) cukup besar dapat dihindari, demikian Muhammad Isnaeni. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya