PJL Menjadi Anggaran Terbesar Bidang Jalan dan PJU DPUPR Banjarmasin

251

Banjarmasin, KP – Peningkatan jalan lingkungan (PJL) menjadi program terbesar pengguna anggaran di Bidang Jalan dan PJU Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Banjarmasin pada Anggaran Pembelanjaan Daerah (APBD) murni tahun 2020.

Kepala Bidang Jalan dan PJU, Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Chandra mengungkapkan dari 4 program rutin bidang Jalan dan PJU Dinas PUPR, program PJL menjadi program terbesar dalam hal menyerap anggaran di tahun 2020.

“Data kita sebanyak 2.988 ruas jalan yang butuh perawatan tersebar di 5 kecamatan,” ucap Chandra ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/1).

Disebutkannya, anggaran yang bakal ditelan oleh program PJL pada tahun 2020 senilai Rp35 miliar, dilanjutkan oleh Peningkatan Jalan Kota senilai Rp30 miliar, pemeliharaan jalan senilai Rp20 miliar dan biaya listrik PJU senilai Rp20 miliar serta perawatan PJU senilai Rp4 miliar.

Adapun soal ruas jumlah PJL, Chandra membeberkan pada wilayah Banjarmasin Selatan terdapat 657 ruas, Banjarmasin Timur 567 ruas jalan, Banjarmasin Barat 656 ruas jalan, Banjarmasin Utara sebanyak 777 ruas dan Banjarmasin Tengah 331 ruas jalan.

Chandra menyebutkan jumlah diatas masih belum fix, pasalnya pihaknya saat ini masih melakukan optimasi selama satu bulan penuh dan diperkirakan bakal rampung pada bulan Februari mendatang.

“Kalau rampung Februari nanti, maka Maret sudah bisa kita mulai lelang nantinya,” kata Chandra.

Ia menambahkan jumlah ruas PJL yang masih dilakukan optimasi merupakan hasil dari laporan warga atau permintaan masyarakat pada saat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) yang terintegritas mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota.

“PJL hasil dari musrenbang kelurahan, kecamatan sampai ke kota,” ujarnya.

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...