Sejarah Singkat Kalimantan Post

SEJARAH – Kalimantan Post (Kalimantan Post/KP) diawali Penerbitan tabloit `Dinamika’ selama dasawarsa pertama mengalami pasang surut, bisa terus bertahan berkat idealisme para pendiri dan sekaligus sebagai pengasuhnya.

Estafet kepemimpinan pengelolanya dari perubahan pengelola (Dinamika) pada tahun 1981.

Kemudian, 1984 manajemennya ditangani oleh PT Karya Banjar Sejahtera, dan menjadi bentuk koran terbit tiga kali seminggu.

Tercatat pertamakali yang menjadi Pemimpin Umum/Redaksi/Penanggung jawab terbitan Suratkabar harian sekaligus sebagai pendiri, adalah H Djohar Hamid. Agar tetap dapat berkiprah dan mampu mempertahankan eksistensinya, keberadaan (Dinamika Berita) kemudian diperkuat dengan pemodal HMTaufik Effendie, dan selanjutnya H Guntur Prawira.

Kemajuan dicapailah corak baru, seperti melalui kerjasama manajemen diantara penerbitan Pers sejenis. Kerjasama ini dimasudkan selain untuk meluaskan sasaran pembaca juga untuk efusiensi di bidang manajemen, yang merupakan tuntutan dalam era globalisasi di bidang informasi dan komunikasi serta memasuki industrialisasi.

Dalam konteks ini `Dinamika Berita’ menetapkan pilihan menjalin kerjasama dalam Group PT Surya Persindo yang memiliki jaringan penerbitan Pers yang cukup luas di Indonesia.

Penerbitan `Dinamika Berita’ di bawah manajemen baru ini mulai dilaksanakan 16 Juli 1990.

Sepeninggal almarhum 10 Maret 1995 (H Djohar Hamid), kemudian HM Taufik Effendie segera mengambil alih tampuk pimpinan, dan kemudian atas kepercayaan dari para pemegang saham badan penerbit, diusulkan menjadi Pemimpin Umum /Redaksi/Penanggung Jawab.

Atas usulan tersebut kemudian HM Taufik Effendie dikukuhkan menjadi Pemimpin Umum/Redaksi/Penanggungjawab melalui surat persetujuan Menteri Penerangan RI. Dibawah kepemimpinan HM Taufik Effendie, (Harian Pagi Dinamika Berita) melangkah lebih dinamis.

Hal itu ditandai dengan keberhasilan mewujudkan cita-cita setiap insan Pers, yaitu punya gedung kantor sendiri, dan secara bertahap melengkapi sarana dan prasarana pendukung bagi kemajuan suratkabar yang punya motto `Asli Koran Banua’ ini.

Perkembangan Dinamika Berita dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan, maka pada bulan Januari 2000 lalu, Dinamika Berita mampu menebus saham yang ditanam oleh PT Surya Persindo, sehingga sekarang sahamnya dimiliki oleh orang daerah (Keluarga HM Taufik Effendie).

Ditangan HM Taufik Effendie SE MBA akhirnya diambil alih saham PT Surya Persindo.

Untuk menuju prosfektif ke depan yang lebih dinamis dan memperluas jangkauan peredaran koran, maka disepakati bahwa perlunya pergantian nama dari SKH Dinamika Berita menjadi Harian Umum Kalimantan Post yang lahir 17 Januari 2000.

Di usia 20 tahunnya sekarang, Kalimantan Post kata HM Taufik Effendie, kini hidup ditengah era industri berbasis teknologi yang kian pesat perkembangannya.

Berita Lainnya
1 dari 882
Loading...

Agar bisa bertahan dari zaman ke zaman, tentunya Kalimantan Post sebagai salah satu media lokal tertua di Kalsel, mau tidak mau, suka tidak suka, harus ikut bertransformasi dari media konvensional menjadi media digital.

Misalnya jika dulunya kita hanya menyajikan berbagai informasi akurat dan terpercaya melalui koran harian, kini hal tersebut juga harus diimbangi dengan penyajian informasi melalui media online hingga media sosial.

Begitu pula dengan Sumber Daya Manusianya, harus ikut bertransformasi sesuai perkembangan zaman.

Salah satunya wartawan Kalimantan Post semuanya harus dapat memanfaatkan Smartphone untuk dapat membuat berita yang tidak hanya informatif dan terpercaya, tapi juga cepat untuk dinikmati pembaca.

Hal ini penting, karena ini sebagai upaya kita semua untuk membuktikan diri, bahwa Kalimantan Post adalah sebuah media lokal yang mampu hadir dari zaman ke zaman, bukan media yang ditinggalkan oleh zaman dan pada tanggal 31 Oktober 2019 Kalimantan Post telah terverifikasi dengan nomor 437/DP-Verifikasi/K-/X/2019. (tim)

Gubernur Kalsel :
KP Konsisten Mengedukasi Banua

SEBUAH – Perjalanan waktu cukup panjang bagi Harian Umum Kalimantan Post (Kalpost), sebuah perusahaan media massa lokal ini

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan selamat dan sukses atas Milad ke 20 Harian Kalimantan Post, 17 Januari 2020.

Terus torehkan karya untuk Banua,” ucap Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, saat diwawancarai usai melakukan peninjauan Jembatan Sungai Lulut Banjarmasin, Kamis (16/1).

Paman Birin, panggilan akrab gubernur ini mengatakan, meski sekarang abad digitalisasi dan persaingan ketat industri pers, koran harian bertagline “Asli Koran Banua” ini tetap bertahan.

Sajian berita produktif dan mengedukasi Banua menjadi salah satu kunci keberhasilan Kalimantan Post mempertahankan pembacanya.

Strategi jajaran direksi dan redaksi mempertahankan konten konten pemberitaan lokal menjadi pembeda khas Harian Kalimantan Post.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat Milad ke 20 Kalimantan Post.

Terus dan bergerak maju mengedukasi masyarakat Banua,” ucapnya. (tim)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya