Setelah 23 Kasus DBD, Dinkes Bartim Segera Melaksanakan fogging

Tamiang Layang , KP – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur dr Simon Biring mengatakan, hingga saat ini sudah ditemukan 23 kasus penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD )  yang menyerang warga Bartim. 

“Untuk itu akan segera dilaksanakan fogging focus atau pengasapan terpusat pada beberapa titik di wilayah Kabupaten Barito Timur,” kata Simon Biring dihubungi dari Tamiang Layang, Kamis ( 23/1 )

Menurutnya Kadis Dinkes itu pengasapan akan dilakukan pada lokasi-lokasi yang ditemukan kasus penyakit DBD positif lebih dari satu kasus. 

Pengasapan dilakukan pada areal rumah warga yang terkena penyakit DBD positif dengan radius hingga 100 meter. Pengasapan juga dilaksanakan di areal Polres Barito Timur.

Dijelaskan Simon, pengasapan bukanlah solusi tepat dalam penanganan DBD. Sebab, pengasapan hanya memberantas nyamuk dewasa saja. Yang penting adalah melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Terapkan pola hidup bersih dan sehat mulai dari diri sendiri maupun lingkungan. Mulai kebersihan rumah hingga pekarangan,” kata Simon lagi.

Menurutnya, jika ada benda yang bisa menampung air maka sebaiknya dilakukan penguburan maupun pengurasan secara rutin.

Dampak positif dari pemberantasan nyamuk DBD dengn Gerakan Kebersihan dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (GKPSN) melalui kegiatan 3M plus dirasakan sangat potensial.

Kegiatan 3M plus yakni menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti.

Warga juga diharapkan bisa menggunakan bubuk abate untuk memberantas nyamuk dalam fase larva atau jentik.

“Pengendalian nyamuk menggunakan dengna menjaga kebersihan dan penggunaan bubuk abate merupakan salah satu kiat pecegahan penyakit DBD yang dinilai efektif, karena menekan perkembangan nyamuk,” demikian Simon. (Vna) 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...