Tutup Tahun 2019 DLH Raih Adipura Tingkat Provinsi

BANJARMASIN – Meski dipenghujung tahun 2019 tetapi keberuntungan akhir tahun tetap berpihak pada Pemko Banjarmasin. Hal ini dibuktikan dengan hitungan jam diakhir 2019, giliran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin mendapatkan penghargaan Adipura karena berhasil mendapatkan Adipura pertama tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.   

“Alhamdullilah Banjarmasin kembali mendapatkan peringkat teratas atau Adipura terbaik pertama tingkat provinsi tahun ini yang diserahkan gubernur pada hari ini dan mendapatkan hadiah berupa truk sampah seperti tahun sebelumnya pernah mendapatkan truk sampah,’’ ungkap Kepala DLH Kota Banjarmasin, Drs H Mukhyar, kepada awak media, Senin (30/12) sore.

Selain piagam penghargaan, Pemprov juga memberikan hadiah lain berupa satu unit truk untuk membantu dan menambah sarana angkutan sampah. Diberikan juga tiga unit tossa sebagai angkutan sampah pada pengelolaan lingkungan terbaik tingkat terkecil, seperti sekolah dan lain-lain.

Meski Adipura Provinsi sudah ditangan, namun Mukhyar masih berharap dengan hasil pengumuman Adipura tingkat Nasional. Ia berharap, penghargaan Adipura yang akan diumumkan pada 2020 nanti, Banjarmasin kembali mendapatkan Piala Adipura untuk ke lima kalinya. “Kami berharap Adipura lagilah, Adipura Kencana,’’ ungkap Mukhyar.

Menurutnya, Piala Adipura sama halnya dengan hasil raport bagi DLH. Empat kali berturut-turut mendapatkan Piala Adipura sehingga berharap pada tahun kelima ini ingin mendapatkan peningkatan terbaik terhadap usahanya dalam memperbaiki lingkungan.

Berita Lainnya
1 dari 1.973
Loading...

Makanya, dia pun ingin Piala Adipura tingkat nasional yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI dan berhasil mendapatkan Piala Adipura Kencana. “Mudah-mudahan tahun depan Adipura Kencana secara nasional juga kita dapatkan,’’ ungkapnya optimis.

Muchyar juga menuturkan, pada penilaian Adipura 2019 tadi adalah penilaian yang paling berat. Penilaian tidak lagi berpatok pada kebersihan dan penghijauan namun juga pada hasil perhitungan yang sudah ditargetkan serta bagaimana pencapaiannya. 

“Seperti penilaian terhadap pengurangan sampah yang sudah tercantum dalam Jakrasda Kota Banjarmasin. Kami menargetkan pengurangan sampah 20 persen dan itu dihitung lagi oleh tim, apakah bisa mencapai target atau tidak,’’ jelasnya.

Bahkan dalam Jakrasda pengurangan sampah dari sumbernya melakukan pengurangan sampah dari tingkat rumah tangga dan lingkungan.  Tak hanya itu, dilibatkan juga pihak sekolah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan melalui Sekolah Adiwiyata.

Meskipun Adipura sudah diperoleh berkali-kali tetapi, ujar Mukhyar, pihaknya mengaku belum puas dan merasa masih punya hutang jika Banjarmasin belum mendapatkan Piala Adipura Kencana. “Saya ingin sekali mempersembahkan Adipura Kencana bisa diboyong ke Banjarmasin dan mohon doanya,’’ demikian Kepala DLH Kota Banjarmasin, Drs H Mukhyar. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya