Berbagai Persiapan Jelang Haul Guru Sekumpul

Martapura, KP – Kendati pelaksanaan Haul ke-15 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul masih sekitar sebulan lagi, namun Pemkab Banjar intens melakukan persiapan.

Rapat pelaksanaan haul ulama kharismatik asal Kota Martapura tersebut dilaksanakan di Aula Barakat, Martapura, pekan kemarin. Melibatkan instansi terkait, diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfostandi, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Permukiman.

Selain itu juga dilibatkan PT PLN dan PDAM Intan Banjar guna menjamin ketersediaan pasokan listrik dan air, juga tak ketinggalan dari Kodim 1006/Martapura dan Polres Banjar serta perwakilan dari keluarga Guru Sekumpul Fauzan Asniah.

Pada rapat dipimpin Sekdakab Ir HM Hilman bersama Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto serta Asisten Bidang Kesra dan Pembangunan Masruri, terungkap berbagai persiapan yang dilakukan sejumlah SKPD serta panitia pelaksana haul.

Mulai dari penyiapan lahan parkir, pemasangan lampu penerangan, dapur umum, posko dan petugas kesehatan, hingga bagaimana pengaturan arus lalu-lintas nantinya.

Berita Lainnya

LPTQ Banjar Matangkan Kadernya 2 Bulan

Kasus Covid Menurun, Tapi Prokes Jangan Kendor

1 dari 1.183
Loading...

Sekda Hilman mengimbau agar dilakukan sterilasi, reklame iklan berbau politik agar ditertibkan. Ini guna menjaga netralitas tempat dan kegiatan. Selain itu juga tidak dibenarkan membuat umbul-umbul atau ucapan yang berbau atau bernuansa politik, promosi dan sejenisnya.

“Diperkirakan jamaah yang mengikuti haul tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Kita ingin pelaksanaan haul tahun ini lebih baik,’’ tandasnya.

Sementara Dinas Perhubungan dengan kepolisian dan para relawan telah menyepakati alur untuk masuk dan keluar jamaah. Bahkan panitia telah membuat website sebagai panduan, yakni www.arraudhahsekumpul.com.

Dinas Perhubungan juga sudah mempersiapkan rekayasa jalur untuk mengantisipasi kemacetan, baik itu kedatangan dan kepulangan. Sementara data sementara posko kesehatan ada 110 dengan jumlah relawan 1200 orang, dermaga evakuasi air 8 buah dengan jumlah 16 perahu karet.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Eddy Elmisyah Jaya menambahkan, pihaknya akan menyiapkan alat memperkuat sinyal serta CCTV yang dipasang di beberapa titik untuk memonitor. Radio Suara Banjar siap pula berkoordinasi dengan Radio Al-Karomah.

Semetara Kadis Lingkungan Hidup Ir Boyke W Triestianto siap membentuk tim relawan guna membersihkan wilayah Sekumpul, baik sebelum dan sesudah kegiatan. Sedang Dinas PUPR mempersiapkan akses jalan hingga drainase dinormalisasi, kebutuhan alat berat juga. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya