Di Usia ke-67, KKB Ingin Lestarikan Bahasa Bakumpai Sebagai Kekayaan Budaya Bangsa

, KP – Puncak peringatan milad Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) ke-67 dirangkai dengan syukuran sederhana bersama keluarga besar Bakumpai, di kantor KKB Pusat Jalan Perdagangan, Komplek HKSN, Kecamatan Banjarmasin Utara, Sabtu (22/2/2020).

Diawali dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Bidang Departemen Dakwah dan kebudayaan KKB, Ustadz H Muhammad Mobarak. Dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan Ketua Umum KKB Pusat, Yuni Abdi Nur Sulaiman.

Masing-masing potongan nasi tumpeng kemudian diberikan kepada Sekretaris KKB Pusat Muliadi Rahman, lalu Ketua Harian KKB Pusat Hairudin Noor, dan selanjutnya diberikan kepada Ustadz Mobarak dan yang terakhir kepada Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) KKB Pusat, Aulia Yuni Abdi Nur Sulaiman.

“Alhamdulillah, organisasi KKB ini tetap solid dan eksis diusia yang tak muda lagi. Ulun berharap, mampu menjalankan amanah almarhum abah untuk terus membesarkan KKB,” kata salah satu putera mendiang H Abdussamad Sulaiman HB ini.

Berita Lainnya

Ke MK “Bunuh Diri”

1 dari 1.030

Tak hanya itu, Yuni juga meminta kerjasama dari seluruh anggota KKB, agar kiprah nyata organisasi ini dapat terus dirasakan masyarakat luas.

Ije Lebo Itah Mandere Imbit Kan Bentok Itah Bagus, katanya dalam bahasa Bakumpai, yang jika diterjemahkan bermakna ‘Bersama Kita Berhimpun, Bermusyawarah Kita Bagus’.

“Diusia yang ke-67 tahun ini, KKB berkomitmen untuk terus mengutamakan pengabdian kepada masyarakat, dimanapun KKB berada. Selain itu, melestarikan bahasa suku Dayak Bakumpai, juga menjadi atensi yang serius. Sebab, ini merupakan salah satu kearifan lokal yang harus dipertahankan,” ucapnya.

Menurutnya, pihaknya sudah beberapa kali mencetak buku-buku kamus dalam bahasa Bakumpai. “Ini upaya kita untuk melestarikan bahasa Bakumpai. Karena bahasa daerah adalah salah satu kekayaan peradaban umat manusia. Menggunakan bahasa daerah, berarti turut melestarikan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia,” tandasnya.

Sebelumnya, berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan milad KKB ke-67 ini, seperti berbagai lomba dan pertandingan yang diikuti warga KKB antar kecamatan, serta sholat hajat bersama, memohon ridha dan berkah Allah, agar KKB semakin besar. (opq/KPO-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya