KLB Ingin Kembalikan Citra Ramah Anak Taman Kamboja

Banjarmasin, KP – Komunitas Literasi Banua (KLB) merupakan pegiat literasi yang beraktivitas di kawasan Taman Kamboja. Kehadiran komunitas ini memberi warna dan nuansa baru di taman kota yang dilengkapi dengan air mancur menari itu.

Ketua KLB, Achmat Fajar mengatakan komunitas tersebut lahir karena kesadaran akan pentingnya literasi sejak dini. Menurutnya dengan membuka lapak baca akan memfasilitasi masyarakat untuk gemar membaca.

“Kami punya banyak buku, jadi masyarakat bisa baca apapun yang mereka suka,” ujar pria yang akrab disapa Fajar ini.

Ia mengungkapkan, lapak yang digelar setiap hari Minggu pagi ini juga memiliki tujuan lain, dimana komunitas tersebut berkeinginan merubah pandangan masyarakat terhadap taman kamboja dari tempat yang mulanya gelap dan sering terjadi kekerasan menjadi taman ramah anak.

“Kami ingin masyarakat yang ke taman kamboja ini menjadi nyaman dan tenang, supaya ada wadah untuk anak – anak utamanya berkreasi,” paparnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.943

Menurut Fajri, Komunitas Literasi Banua kini memiliki kurang lebih 300 buku yang digelar dari pukul 08.00 pagi hingga 10.30 siang. “Buku – buku ini merupakan hasil sumbangan dari berbagai pihak,” ungkapnya.

“Alhamdulilah kita sekarang ada kisaran 300an buku, kemarin ada beberapa kita sumbangkan untuk beberapa sekolah dan ada juga tambahan buku dari beberapa donatur,” tambah Fajri.

Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Banjarmasin ini. merencanakan kedepannya, Komunitas Literasi Banua akan mengaktifkan gerakan mengajar mingguan.

“Kegiatan ini bertujuan agar anak – anak dapat belajar dengan cara yang kreatif namun tetap berkualitas. Saya berharap pemerintah dapat mendukung gerakan komunitas ini,” harapnya.

“Rencananya mau bikin kelas mingguan, minggu ini bahas matematika dasar, minggu depan bahas cinta tanah air, yang sederhana tapi mengena untuk anak – anak,” tutupnya. (zai/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya