Pemkab Balangan Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

FOTO BERSAMA – Usai penyerahan tali asih. (KP/Ist)

Paringin, KP – Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan kerja keras dan pengorbanan yang tidak sedikit dari para pendahulu kita yang telah berjuang dalam mempertahankannya hingga titik darah penghabisan. Oleh karena itulah selalu dianjurkan untuk mengadakan upacara kesadaran nasional agar selalu mengenang perjuangan para pendahulu kita merebut kemerdekaan dari tangan penjajah asing pada saat itu.

Upacara Hari Kesadaran Nasional sendiri merupakan upacara bendera yang rutin diperingati setiap tanggal 17 pagi setiap bulan, selain untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara, juga merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan penyelenggara negara lainnya.

Pelaksanaan Upacara Hari Kesadaran Nasional dilaksanakan dengan acara antara lain pengibaran bendera Sang Merah Putih, Pembacaan Naskah Pancasila, Pembacaan Undang-Undang Dasar 1945, Pembacaan Panca Prasetya KOPRI,  Sambutan Inspektur Upacara, Mars Korpri, dan Pembacaan Doa. Namun untuk kali ini, pemerintah daerah kabupaten Balangan saat melaksanakan kegiatan Upacara Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan di halaman kantor bupati, Senin (17/02) cuacanya mendung dan gerimis dengan tanpa ada sambutan inspektur upacara.

Upacara diikuti para kepala SKPD dan seluruh ASN di lingkup Pemkab setempat yang diikuti secara antusias tersebut dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Sekdakab Ir H Ruskariadi.

Usai upacara langsung dilanjutkan dengan penyerahan tali asih untuk 3 ASN yang purna tugas dan satu orang yang meninggal dunia.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Balangan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak dan Ibu yang telah mendarmabaktikan dirinya sebagai abdi masyarakat dan abdi negara. Tali asih ini adalah wujud penghormatan kami kepada ASN/ PNS yang telah purna tugas sekaligus untuk saling mengenang dimasa pensiun terhadap kami yang masih aktif berdinas. Marilah kita saling berdoa agar kita diberi panjang umur dan rezeki serta terus menjaga tali silaturahim diantara kita semua,” ujar Sekdakab. (jun/K-6) 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...