Usulan Dan Harapan Warga Muncul di Musrenbang Kecamatan

BUPATI TAPIN - HM Arifin Arpan saat menghadiri Musrenbang kecamatan Bungur dan kecamatan Tapin Utara di aula Pendopo kecamatan Bungur kabupaten Tapin. (KP/Ist)
262

Rantau, KP – Banyak usulan dan harapan dari warga yang muncul pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Tapin Utara dan Kecamatan Bungur.

Musrenbang kecamatan Tapin Utara dan Bungur belum lama tadi di aulamPendopo kevcamatan Bungur kabupaten Tapin dan langsung dibuka oleh bupati Tapin Drs. HM. Arifin Arpan, MM serta di hadiri sejumlah anggota DPRD kabu[paten tapin antara lain H. Ikhwanuddin Husein, H. Rajuddin Noor, Ismail, H. Muhammad Baseri, dan Ade Parma.

Selain dihadiri oleh bupati Tapin Musrenbang kali ini juga di hadiri Sekda Pemkab Tapin H. Masyraniansyah, para kepala SOPD, Camat dan jajaran kepala bidang, kasi serta sekretaris kantor dinas dan Badan di lingkungan Pemkab Tapin.

Mengawali sambutannya bupati Tapin HM. Arifin Arpan banyak mengulas dan menjelaskan masalah kebijakan pembangunan yang dilaksanakan di daerah ini.

Menurut bupati Tapin, pembangunan di kabupaten Tapin dananya ada yang bersumber langsung dari pusat yaitu melalui APBN, dan ada juga sumbernya dari APBD provinsi serta APBD kabupaten Tapin.

“Sejak beberapa tahun belakangan iniada anggaran khusus untuk desa, dan tahun ini kembali akan dikucurkan dana pembangunan di desa, untuk kabupaten Tapin setiap desa bervariasi paling sedikit Rp 1,1 miliyar dan paling tinggi sebesar Rp 1,4 miliyar, “ jelas bupati Tapin.

Dikatakannya pula dengan adanya anggaran dana desa yang dikucurkan ke desa untuk pendanaan pembangunan pedesaan maka diharapkan desa mampu mengelola dan memamfaatkannya dengan sebaik mungkin sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Dalam kesempatan itu pula bupati Tapin berharap dengan adanya dana khusus untuk pembangunan di desa maka ia berharap agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dengan melibatkan banyak warga masyarakat untuk dipergunakan pembangunan di desa.

Sementara itu saat dilemparkan usulan dan masukan kepada peserta Musrenbang yang kebanyakan pesertanya adalah para kepala desa dan aparat desa di dua wilayah kecamatan yakni kecamatan Bungur dan Tapin Utara, maka bermunculanlah harapan dan usulan dari warga yang disampaikan melalui kepala desanya.

Musrenbang kecamatan kali ini di kabupaten Tapin yang sudah digelar sebagian besar usulan yang muncul menyangkut pembangunan fisik, khususnya pengaspalan jalan, perbaikan jembatan dan draenasi, tabat atau siring sungai serta lainnya.

Dari banyaknya usulan dan harapan yang diusulkan oleh warga, bupati HM. Arifin Arpan menanggapinya dengan serius gayung bersambut.

“Memang kita kedepan memprioritaskan pembangunan fisik khususnya jalan, jembatan dan draenasi, sertta lainnya tetapi karena anggaran dananya sangat terbatas maka secara bertahap berdasarkan skala prioritas akan kita bangun dan perbaiki semuanya,” pungkas bupati Tapin. (ari/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...