163 Bakal Calon Kades Ikuti Tes

Martapura, KP – Sebanyak 163 bakal calon Kepala Desa dari 24 desa mengikuti seleksi tertulis yang diselenggarakan Pansel, di Aula Barakat Martapura, Sabtu (21/3). Kegiatan ini berjalan tertib, aman dan nyaman.

”Dilakukan tes tertulis ini karena pendaftar kandidat balon kades di masing-masing desa lebih dari lima orang, sementara calon yang akan diikutsertakan dalam pilkades serentak maksimal lima orang,” ungkap Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Banjar Syahrialludin.

Dijelaskannya, peserta yang mengikuti seleksi diberi 40 soal untuk diisi dalam waktu satu jam. Seluruh peserta yang menjawab pertanyaan, meliputi tentang Desa, Undang-undang Desa, Pancasila dan Lembaga Adat.

Berita Lainnya

LPTQ Banjar Matangkan Kadernya 2 Bulan

Kasus Covid Menurun, Tapi Prokes Jangan Kendor

1 dari 1.183
Loading...

”Sedang proses seleksi, meliputi penilaian skoring dan tes tulis. Semua tahapan itu dilakukan secara transparan,” tegasnya.

Syahrial pun berharap, dengan adanya tahapan ini, kades atau pembakal yang terpilih nantinya merupakan pemimpin yang memang memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang pemerintah desa, sehingga dalam proses pelaksanaannya bisa berjalan sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.

”Esensi dari seleksi ujian tertulis ini guna mengukur kemampuan pemahaman bakal calon kepala desa agar mereka layak dan benar-benar siap untuk menjadi pemimpin di desa,” pungkasnya. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya