Bujuk Warga Agar TPS Pasar Telawang Dipindah

Banjarmasin, KP – Selain rencana relokasi pedagang di Pasar Telawang, Pemko Banjarmasin juga berencana memindah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di depan pasar tersebut.

Rencananya, TPS itu dialihkan di lahan milik Pemko sendiri yang letaknya tak jauh dari tempat semula. “Ya dekat depan ruko di samping pasar itu. Ini juga sesuai arahan pak wali, TPS itu dipindah ke sebelah,’’ ucap Kepala Bidang PSDP dan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjarmasin, Ichrom M Tesar, Jumat (13/3/20).

Sampah di TPS itu sebelumnya memang sempat dipersoalkan para pedagang. Khususnya penjual makanan yang ada di lantai dasar. Sebab, akibat bau tak sedap dari sampah itu warung mereka menjadi sepi.

Namun yang menjadi masalah, ketika Pemko mau memindahkan, warga setempat buru-buru menolaknya. Nah, lalu bagaimana sikap Pemko untuk mengatasi persoalan ini? Tesar mengatakan, pihaknya akan mencoba berkomunikasi dengan warga setempat untuk memberikan pemahaman kepada mereka.

“Ya bagaimana kalau menolak semua? Kami akan coba dengan pendekatan persuasif,’’ katanya.

Berita Lainnya
1 dari 1.783
Loading...

Ia membeberkan, sebenarnya TPS itu dibangun memang hanya untuk para pedagang pasar. Akan tetapi lama kelamaan TPS itu juga digunakan masyarakat umum. Bahkan, ujar Tesar, yang membuang ke sana tak hanya dari Kelurahan Telawang. Tapi dari lima kelurahan lainnya.

“Itu kan TPS pasar. Tapi karena tak ada TPS warga jadi kita izinkan saja buang ke situ. Tapi yang buang dari lima kelurahan,’’ katanya.

Ia pun meminta agar warga bisa memahami dengan persoalan yang dihadapi saat ini. Sebab, ia khawatir jika TPS itu tetap di lokasi asal maka mengancam keberlangsungan para pedagang.

“Sebenarnya sampahnya bersih. Tapi cairan lindi itu yang membuat bau,’’ katanya.

Lebih lanjut Tesar mengatakan, bahwa TPS yang dibangun juga hanya TPS biasa, bukan TPS 3R. “Kalau TPS 3R sepertinya lahannya tak cukup,’’ pungkasnya. (sah/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya