Cegah Corona, MUI Banjar Minta Hentikan Shalat Jumat Sementara

Martapura, KP – Merujuk Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No 14 tahun 2020 tentang penyelenggarann ibadah dalam situasi terjadi wabah covid-19, maka MUI Kabupaten Kabupaten Banjar akhirnya mengeluarkan himbauannya.


Pertama, mengingat kondisi penyebaran covid-19 belum terkendali yang akan mengancam jiwa seseorang, maka setiap masjid dan segenap umat Islam Kabupaen Banjar untuk tidak menyelenggaralan sholat Jumat dan para jamaah menggantikannya dengan sholat dhuzur di rumah masing-masing dan tidak melaksanakan sholat dzuhur di masjid.


Demikian juga tidak menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak dan diyakini dapat menjadi media penularan covid-19.


Kedua, pemberitahuan tidak melaksanakan sholat Jumat tersebut bersifat sementara sampai dengan keadaan terjaminnya kesehatan/tidak ada lagi penularan wabah dari virus covid-19, sesuai dengan arahan kebijakan Pemerintah dan akan diberitahukan pihak MUI lewat surat resmi berikutnya.


Ketiga, tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan atau perayanaan hari besar Islam yang melibatkan orang banyak, baik di masjid atau tempat lain. Seperti Tabligh Akbar, Majelis Ta’lim dan kegiatan lainnya.


Keempat, umat muslim diharap tidak keluar rumah, kecuali untuk kebutuhan penting dan mendesak. Kelima, tetap bersikap tenang, menjaga peralatan, saling membantu dan tidak menyebarkan berita yang tidak benar (hoax).


MUI Banjar juga mengimbau umat muslim kian mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari berbagai musibah dengan memperbanyak taubat/istigfar, memohon ampun kepadaNYA, berdzikir dan meninggalkan maksiat.


Imbauan yang ditandatangani Ketua MUI Banjar KH Fadlan Asy’ari pada 26 Maret 2020 dan Sekretaris Umum KH DR Muhammad Hussein MAg ini ditujukan kepada seluruh masjid dan umat muslim di Kabupaten Banjar serta akan diperbaharui sesuai situasi dan kodisi wabah covid-19.


Imbauan dengan Nomor 004/MUI-KAB.BJR/III/2020 ini ditembuskan kepada Bupati Banjar, Kapores setempat, Kodim 1006/Martapura serta nazir masjid se-Kabupaten banjar. (wan/KPO-1)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...