Dampak Corona, Industri Kesulitan Penuhi Bahan Baku 

Banjarmasin, KP – Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Selatan, H Gusti Ruslianyah memprediksi, akan ada dampak mewabahnya virus Corona terhadap industri dalam negeri.

Pasalnya, masih banyak bahan baku dan barang modal yang diimpor dari negara China. Untuk itu, terpenting mengidentifikasi dampak tersebut terhadap pasokan bahan baku dan penolong bagi industri nasional dan daerah.

“Yang jelas pasti ada dampaknya, karena impor kita dari China terbesar berupa barang modal dan bahan baku,’’kata Rusli kepada wartawan, Jumat di kantornya.

Ia menyebutkan, secara detail masih diidentifikasi seberapa besar pengaruhnya.

Berita Lainnya
1 dari 449
Loading...

Kemudian hal-hal yang akan diidentifikasi antara lain kemungkinan dan skenario terkait kebutuhan bahan baku dan upaya terus meningkatkan kapasitas produksi bahan baku.

Ia menyampaikan, pada kondisi itu, industri akan secara alamiah mencari sumber pasokan bahan baku dan barang modal dari negara lain untuk dapat terus beroperasi.

Menurut pria berkacamata ini, situasi tersebut sebetulnya dapat menjadi peluang bagi Indonesia untuk melakukan substitusi impor, sehingga bahan baku dan penolong yang biasanya diimpor dari China, dapat diproduksi di dalam negeri.

Di satu sisi, ini merupakan kesempatan dalam negeri untuk substitusi impor. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya