Iqbal Sebut Koperasi dan UMKM Supaya Diberdayakan

Banjarmasin, KP – Sekretaris Komisi II DPRD Kalsel, HM Iqbal Yudiannoor mengharapkan agar koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kalsel bisa lebih diberdayakan.


“Kita berharap koperasi dan UMKM lebih diberdayakan,” kata Iqbal saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Pemberdayaan Koperasi dan UMKM se Kalsel, Kamis (12/03/2020), di Banjarmasin.


Kegiatan dalam rangka perencanaan dan sinergitas program dan kegiatan koperasi dan UMKM tahun 2021, yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kalsel.


“Pemberdayaan UMKM menjadi kunci perkembangan dan kemajuan UMKM di daerah ini,” tambah politisi Partai Amanat Nasional (PAN).


Untuk itu diperlukan kebijakan dan program yang tepat serta dukungan berbagai stakeholders, terlebih informasi virus corona yang merebak berdampak pada ekonomi.

Berita Lainnya
1 dari 457
Loading...


“Potensi UMKM di Kalsel besar dan potensial dikembangkan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Iqbal.


Selain itu, juga penyangga ekonomi yang mampu menampung tenaga kerja besar, dan punya daya tahan besar menghadapi krisis.


Ditambahkan, pemberdayaan UMKM di Kalsel perlu dukungan pada akses perbankan serta peningkatan pemahaman dunia marketing, quality control, sdm, sistem manajerial, dan kebijakan pemerintah yang tertkait.


“Program pembinaan dan program yang benar-benar diperlukan UMKM, termasuk mencetak wirausahawan baru,” tegas wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel VI meliputi Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru.


Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kalsel, H Gustava Yandi mengatakan modernisasi koperasi dilakukan dengan dua cara, yaitu ada manajemen yang kuat dan profesional, serta mulai mengaplikasikan menerapkan teknologi tinggi agar koperasi juga bisa tumbuh, tidak terhalang oleh berbagai persyaratan birokrasi. (lyn/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya