Kadishut Kalsel Kunjungi Persemaian Modern HRB

Batulicin, KP – Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, Selasa, belum lama ini berkunjung ke persemaian modern PT Hutan Rindang Banua (HRB) di Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu.


Dalam kunjungannya, Hanif meninjau pembangunan sarana prasaranq persemaian modern yang hampir selesai pengerjaannya ini.


Berbagai sarpras persemaian dilihat Hanif. Seperti paket pembangunan green house (bangunan, meja bibit, sistem pipanisasi), paket shading house (bangunan, meja bibit dan sistem pipanisasi), open area (pipanisasi), embung, mesin dan rumah pompa,  serta sistem drainase.


“Persemaian milik PT HRB ini dibangun secara modern. Bahkan, telah terintegrasi dengan sumber daya pendukung. Seperti sumber pupuk organik, bio gas, peternakan sapi dan penyulingan atsiri (sereh wangi).

Berita Lainnya
1 dari 1.180
Loading...

Pembangunan nursery modern ini  terus dilanjutkan secara bertahap,” tutur Paidil, Kasi Produksi dan Peredaran Benih BPTH yang turut mendampingi.


Sementara sarpras yang masih dalam tahap pembangunan, yaitu reservoir.


Persemaian ini juga menggunakan polytube atau potray sebagai wadah semai bibit. “Wadah ini membuat akar bibit lebih kompak, sehingga mempermudah bibit saat ditanam,” ujar Paidil.


Berbagai saran masukan diberikan oleh Hanif. Misalnya layout rooting house dengan shading house disarankan searah, untuk memudahkan proses pergeseran bibit.


Saat berkeliling didapati ukuran polytube yang digunakan terlalu besar (konversi polybag ukuran 15 x 20 cm), sehingga akan mempersulit kegiatan handling. “Sebaiknya juga digunakan polytube ukuran kecil,” ujarnya.


Selain itu, untuk pipanisasi persemaian, ia menyarankan penggunaan pipa HDPE. “Pipa ini dikenal tahan terhadap tekanan air. Waktu pakainya pun lebih lama dari pipa biasa,” tutup Hanif. (adv/bpth/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya