Karang Taruna Kota Banjarmasin Kembali Diaktifkan

Banjarmasin, KP – Keberadaan Karang Taruna Kota Banjarmasin saat ini bisa dikatakan mati suri. Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali berharap agar organisasi dalam kerangka pengembangan potensi kepemudaan ini diaktifkan kembali.

“ Komisi IV DPRD Banjarmasin bersama Dinas Sosial sudah bertekad memberikan dorongan kepada Karang Taruna untuk diaktifkan kembali di seluruh kelurahan Kota Banjarmasin,’’ ujarnya.

Hal itu dikemukakan, Matnor Ali usai menerima audensi Pengurus Karang Taruna Kota Banjarmasin, di ruang komisi IV, Rabu (11/3/20).

Didampingi Wakil Ketua Komisi IV, Hilyah Aulia dan anggota komisi Harry Kartono, Matnor Ali menilai, keberadaan Karang Taruna sangat penting untuk menyaluhkan kemampuan dan potensi para pemuda.

“Tujuannya agar para pemuda bisa mengembangkan keahliannya di masyarakat. Selain itu melalui organisasi ini diharapkan pergaulan para remaja dan pemuda lebih mengarah pada kegiatan yang positif,’’ tandas Matnor Ali.

Ia mengemukakan, terkait diaktifkannya kembali kegiatan Karang Taruna ini sesuai keinginan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina yang disampaikannya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kegiatan Karang Taruna dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan, maka sebagai konsekwensinya Pemko Banjarmasin berkewajiban memberikan dukungan.

Berita Lainnya
1 dari 1.806
Loading...

Sementara Ketua Karang Taruna Kota Banjarmasin, Arbaniansyah mengakui, jika keberadaan Karang Taruna Kota Banjarmasin saat ini banyak yang sudah tidak atif lagi.

Menyikapi kenyataan itu, ungkapnya, Dinas Sosial Kota Banjarmasin dengan mengandeng Karang Taruna Banjarmasin beberapa waktu lalu menggelar kegiatan pendidikan pelatihan kemimpinan dan pengkaderan Karang Taruna. Arbiniansyah menandaaskan, Karang Taruna saat ini perlu dukungan Pemko dan pihak dewan. “Makanya kami bertandang ke komisi IV untuk meminta arahan dan berbagai masukan karena komisi ini sesuai tupoksinya membidangi kemasyarakatan,’’ ujarnya.

Ia juga mengakui meski selama ini Karang Taruna di Kota Banjarmasin boleh dikatakan mati suri, tapi pada dasarnya ada sekitar 30 Karang Taruna masih aktif dari 52 kelurahan.

“Alhamdulillah untuk mengaktifkan kembali Karang Taruna, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina memberikan respon. Beliau kemudian mengeluarkan Surat Edaran yang mewajibkan setiap kelurahan minimal membentuk satu Karang Taruna,’’ terangnya.

Arbaniansyah mengaku, dengan dukungan walikota dan mendapatkan arahan Dinsos dan terakhir juga mendapat dukungan komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, sekarang dari 52 kelurahan di Kota Banjarmasin sudah terbentuk 52 persen Karang Taruna.

Arbaniansyah mengungkapkan, dalam waktu dekat akan melaksanakan agenda kemah keakraban Karang Taruna se Kota Banjamasin yang akan dihadiri 1000 lebih anggota Karang Taruna.

“Kami ingin menunjukkan ke masyaraka selama ini bahwa Karang Taruna masih aktif. In syaa Allah agenda ini dilaksanakan di Sungai Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara. Kegiatan ini sekaligus untuk mempromosikan obyek wisata di kawasan itu,’’ demikian kata Arbaniansyah. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya