Pelatihan BLK Perkuat Kompetensi Kerja

Paringin, KP – Agar bisa bersaing di dunia kerja. Maka, masyarakat harus bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Beberapa upaya untuk meningkatkan SDM dapat dilakukan dengan mengikuti pendidikan tinggi atau memaksimalkan balai latihan kerja (BLK).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Balangan, M Syarwani menjelaskan, pentingnya untuk meningkatkan SDM masyarakat Balangan. Dia berharap siswa yang lulus SMA, jangan puas begitu saja. Harus ada keinginan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.  

“Sangat diharapkan siswa bisa melanjutkan pendidikan untuk kuliah, karena saat ini cukup sulit bersaing mendapatkan posisi baik diperkerjaan, jika hanya mengandalkan izasah SMA,” katanya, belum lama tadi.

Dikatakannya lebih lanjut, selain itu juga, agar SDM Balangan dapat bersaing, maka bisa memaksimalkan balai latihan kerja (BLK) yang ada. Karena dengan memiliki keterampilan kerja, maka bisa membantu orang tersebut untuk mendapatkan pekerjaan.  

Berita Lainnya
1 dari 1.232
Loading...

Menurut dia, peningkatan SDM sendiri dimaksudkan, selain untuk meminimalisir angka pengangguran juga merupakan upaya mempersiapkan masyarakat Balangan mendatang agar mampu bersaing dengan daerah lain, terlebih dimasa akan datang dimana persaingan khususnya dunia kerja semakin komplek.

“Saat ini pemerintah menggalakkan program pelatihan kerja yang fokos di Balai latihan kerja (BLK) Batumandi, hal ini tidak terlepas dari upaya kita meningkatkan SDM Balangan,” ujarnya.

Diakuinya, dengan adanya BLK ini membantu dalam peningkatan SDM khususnya dalam bidang ketenagakerjaan.

Dimana menurutnya, di BLK Masyarakat akan dibina dan didik agar menjadi masyarakat yang berdaya baik dalam menghadapi persaingan di dunia kerjamaupun  kemampuan menciptakan peluang usaha dalam rangka meningkatkan perekonomian Kabupaten Balangan.

“Jadi diharapkan masyarakat bisa berlomba untuk meningkatkan kemampuan dirinya masing-masing untuk bisa menciptakan lapangan kerja, ya paling tidak untuk keluarganya. Hal ini agar angka pengangguran di Balangan dapat ditekan,” pungkasnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya