Polda Kalsel Antisipasi Premanisme di Lingkungan Pasar

Banjarmasin, KP – Mengantisipasi aksi premanisme dan menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar, Direktorat Intelkam Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), melaksanakan sosialisasi kamtibmas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna memelihara Kamtibmas di masyarakat terutama warga di lingkungan Pasar Sudimampir, Pasar Ujung Murung dan Pasar Harum Manis, Jum’at (20/3/2020).

Di sela kegiatan yang berlangsung di lantai 2 Pasar Sudimampir tersebut, petugas memberikan bantuan berupa peralatan dan sejumlah barang kepada warga. Kegiatan dihadiri kurang lebih 100 penjaga pakir, penjaga keamanan (Wakar) dan pedagang di kawasan tersebut.

Kasubdit Intel Polda Kalsel AKBP Asep Hidayat mengatakan, beberapa ancaman gangguan Kamtibmas yang masih terjadi di lingkungan Pasar Sudimampir, Pasar Ujung Murung, Pasar Harum Manis dan sekitarnya, diantaranya aksi premanisme, pencurian, penipuan dan prostitusi terselubung.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi tersebut guna mengeliminir dan mempersempit ruang gerak dan pelaku premanisme dan kejahatan lainnya,” jelasnya.

Berita Lainnya

Tipu Penjual Bensin, Sinchan Diringkus

Giat Disiplin Prokes Sasar Kafe dan Arena Biliar

1 dari 873
Loading...

Selain itu, ia mengimbau, kepada seluruh pedagang di beberapa pasar tersebut agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan pasar. Sehingga dapat menciptakan lingkungan yang aman baik antara pedagang maupun pembeli yang ingin berbelanja dapat merasa nyaman.

Sementara itu, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Banjarmasin H Norhidayat yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Polda Kalsel tersebut.

Bagi dia, hal itu dapat menciptakan situasi kamtibmas yang aman di lngkungan pasar dan sekitarnya. “Kegiatan ini dapat menjalin hubungan tali silaturahmi antara aparat kemanan dengan warga masyarakat di lingkungan pasar,” ujarnya.

Ia berharap pasca dilakukannya kegiatan bagi seluruh lapisan warga pasar tersebut, berdampak pada naiknya daya beli masyarakat dan surplus pertumbuhan ekonomi di Banjarmasin.

Sementara itu salah satu “tokoh” di pasar tersebut, Abdurrahman mengatakan sejauh ini kondisi kemanan di pasar aman dan tidak ada permasalah yang menonjol.

“Rekan-rekannya yang kesehariannya menjadi penjaga parkir di kawasan tersebut mengaku akan mengikuti imbauan yang diberikan oleh Polda Kalsel. Sejauh ini aman, paling berkelahi sedikit-sedikit tapi bisa diselesaikan dengan kekeluargaan, kita senang ada kegiatan ini, kami akan dukung program dari Polda ini,” ujar pria yang mengaku telah 32 tahun malang melintang di kawasan Pasar Sudimampir. (fik/K-4)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya