Susun Rancangan RKPD 2021 HSS Gelar Forum Gabungan Perangkat Daerah

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar pertemuan Forum Gabungan Perangkat Daerah penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2021, Senin (9/3/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mandapai, kantor Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten HSS itu, dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) HSS Muhammad Noor, dan didampingi Wakil Ketua I DPRD Rodi Maulidi, beserta Kepala Bapelitbangda HSS M Arlian Syahrial.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017, pemerintah daerah tiap tahun diwajibkan menyusun dokumen RKPD. Salah satu tahapannya, yakni pelaksanaan Forum Perangkat Daerah.

Sekdakab HSS Muhammad Noor menuturkan, terlaksananya kegiatan Forum Gabungan Perangkat Daerah, adalah sebagai bagian dari proses penyusunan dokumen RKPD tahun 2021. 

Ditambahkan Muhammad Noor, kegiatan itu dilaksanakan merupakan penyempurnaan rancangan awal RKPD, sebelum disampaikan dalam Musrenbang RKPD, yang akan dilaksanakan 17 Maret mendatang.

Hal itu tambahnya, juga sekaligus sebagai wadah membahas kebijakan dan prioritas pembangunan di Kab. HSS. “Saya berharap forum konsultasi publik ini, akan memperoleh saran dan masukan dari berbagai pihak, guna perbaikan dan penyempurnaan dokumen RKPD kita,” tuturnya.

Kegiatan itu harapnya, menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan konsultasi antar pemangku kepentingan, untuk menyusun kebijakan program dan kegiatan pembangunan daerah.

Berita Lainnya
1 dari 1.204
Loading...

Usulan-usulan yang ada dalam daftar pendek maupun daftar panjang pesannya, agar benar-benar disempurnakan sehingga pelaksanaan Musrenbang tingkat kabupaten, dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kepala Bapelitbangda HSS M Arliyan Syahrial melaporkan, penyusunan RKPD 2021 sudah melewati beberapa tahapan.

Arlian mengungkapkan, tahun ini Kabupaten HSS memiliki lima prioritas pembangunan.

Pertama, meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Kedua, meningkatklan tata kelola pemerintahan. Ketiga, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif. Keempat, meningkatkan infrastruktur ekonomi dan sosial yang berkualitas. Terakhir, meningkatkan kualitas lingkungan hidup untuk memperkuat ketahanan bencana.

Dari lima prioritas tersebut terangnya, akan disandingkan dengan permasalahan permasalahan pembangunan seperti pokok pikiran dari DPRD Kabupaten HSS dan juga hasil Musrenbang yang telah dilaksanakan di sebelas kecamatan beberpa waktu yang lalu. 

“Pada hari ini, pokok pikiran dan hasil Musrenbang tersebut akan bertemu dengan top down planing, yang akan menjadi cikal bakal dari berbagai kegiatan yang akan disusun untuk rencana kerja pembangunan HSS untuk 2021,” paparnya.

Acara turut dihadiri anggota DRPD Kabupaten HSS di tiga daerah pemilihan (Dapil), para Kepala SOPD, Camat HSS, dan perwakilan Kepala Desa. (tor/K-6) 

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya