Tim Persemaian Permanen Eksplorasi Kahung

Banjarbaru, KP – Dipimpin Manajer Persemaian BPTH, Akhmad Effendi, Tim Eksplorasi Dipterokarpa selama tiga hari, Senin hingga Rabu (2-4/03/2020) lalu, melakukan eksplorasi tanaman hutan di kawasan Kahung, Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.


Sebelum melaksanakan kegiatan, Kasi Produksi dan Peredaran Benih, Paidil seperti biasanya memberikan arahan teknis kepada tim. Menurutnya, kegiatan eksplorasi harus selalu dilakukan karena simpul kegiatan produksi benih. “Kegiatan ini agar selalu dikerjakan semaksimal mungkin. Usahakan untuk mendapatkan anakan atau biji dipterokarpa dan jenis lain sebanyaknya,” pintanya.


Kembali, giat kali ini dilaksanakan saat cuaca hujan. Akibatnya, jalan menuju lapangan sulit dan lambat. Dengan menggunakan motor trail tim berangkat dari persemaian permanen menuju lokasi eksplorasi di Kahung.

Berita Lainnya

Kapolda Dukung Gerakan Demokrasi

1 dari 1.023


Di sana, telah menanti pemandu lokal dari masyarakat untuk membantu jalannya kegiatan. Selama 3 hari, tim menjelajahi kawasan hutan hujan tropis Kahung yang bermedan terjal.


Dari hasil eksplorasi, didapatkan berbagai jenis dipterokarpa dan rimba campuran sebanyak 2.831 anakan dan 5.339 biji.
Manajer Persemaian, Akhmad Effendi menerangkan jenis yang teridentifikasi antara lain Asam Rosa, Bayur, Bati-bati Gunung, Jumit, Kayu Gading, Kruing, Meranti putih, Pulatan, Simpur dan beberapa anakan lainnya.


“Ada pula jenis biji antara lain Asam Rosa, Kebayau, Keruing, Maharangan, Meranti Putih, Pelawan Merah dan Sumpung,” tuturnya.


Perlakuan selanjutnya, dilakukan treathment di persemaian permanen. “Eksplorasi ini berjalan lancar. Terima kasih kepada tim eksplorasi,” tutup Fendi. (adv/bpth/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya