Dinkes HSS Terima Bantuan 40 Alat Rapid Test Covid-19

Kandangan, KP – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), telah menerima bantuan alat rapid test Covid-19 sebanyak 40 unit, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).

Alat rapid test dimaksudkan, untuk memeriksa masyarakat yang berisiko tinggi tertular virus corona atau Covid-19.

Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan, Dinkes HSS, Hanti Wahyuningsih menjelaskan, bantuan alat rapid test corona itu sudah dipergunakan untuk melakukan rapid diagnostic test (RDT) Covid-19, bagi warga yang masuk orang dalam pemantauan (ODP) di HSS.

“Ada tiga orang masuk dalam OPD sudah dilakukan RDT. Alhamudlillah hasilnya negatif,” ungkap Hanti.

Dijelaskannya, karena keterbatasan bantuan alat yang diberikan. Maka tidak semua warga yang masuk ODP, akan dilakukan RDT oleh tim kesehatan Dinkes HSS.

Berita Lainnya
1 dari 1.202
Loading...

Akan tetapi, hanya yang memenuhi kreteria dan persyaratan saja yang dapat dilakukan pemeriksaan dengan RDT. “Syarat warga ODP yang dilakukan RDT, pernah melakukan perjalanan transmisi lokal seperti Banjarmasin dan daerah lainnya. Serta memiliki riwayat sakit batuk, pilek lebih dari tujuh hari,” terangnya.

Dalam melakukan RDT bagi warga masuk dalam ODP memenuhi persyaratan, Dinkes berkoordinasi dengan petugas kesehatan tingkat Puskesmas.

“Setelah disepakati dimana lokasi pemeriksaannya, baru tim kesehatan melakukan tes,” ucap Hanti.

Penggunaan bantuan rapid test corona itu akan terus dilaporkan ke Kemenkes, jika habis akan dilaporkan agar kembali mendapat bantuan. 

Hasil RDT dengan rapid test corona itu terangnya, belum hasil akhir pemeriksaan. Dalam arti lain tidak langsung otomatis bisa diputuskan, seseorang terjangkit positif Covid-19 atau tidak.

Dijelaskannya lagi, minimal dilakukan dua kali tes, dengan jaraknya dari tes pertama sampai kedua sekitar 10 hari. “Jika hasilnya positif, Dinkes HSS akan melakukan koordinasi dengan tim kesehatan untuk melakukan polymerase chain reaction (PCR),” tambahnya. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya