DPRD Minta Penyaluran Bansos Pengawasannya Diperketat

Paringin, KP – DPRD kabupaten Balangan melalui Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan meminta agar Pemkab Balangan mengawasi dengan ketat jalannya distribusi Bantuan Sosial (Bansos) untuk warga yang kesulitan ekonomi karena Covid-19. Ia menyebut pemberian Bansos harus dipastikan tepat sasaran.


“Supaya tepat sasaran pengawasannya harus jalan ini. Banyak perangkat wilayah yang digaji APBD. Berdayakan itu supaya jalan pengawasannya. Ada RT, RW, LMK, PKK, lurah, camat, sampai bupati turun. Supaya jalan ini bantuan sasarannya tepat,” kata Fauzan sapaan akrab Ketua DPRD Balangan, belum lama tadi.


Fauzan juga mengapresiasi pemberian bantuan ini. Menurutnya, warga menunggu-nunggu pemberian dana bansos karena kondisi makin sulit selama pandemi Covid-19.


Namun, ia mengharapkan ada transparansi dari Pemkab Balangan. Menurutnya transparansi diperlukan karena DPRD tidak bisa mengawasi langsung pendistribusian dana Bansos.

Sebab, anggaran dana Bansos yang berasal dari realokasi pos-pos belanja di APBD 2020 tidak memerlukan diskusi atau pembahasan dengan DPRD.

Berita Lainnya
1 dari 281
Loading...


Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.20 tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemda.

Dalam peraturan itu, setiap pemda bisa mengalihkan anggaran belanja dari pos-pos yang sudah ditetapkan dalam APBD tahun berjalan ke anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) yang difungsikan untuk penanganan Covid-19.


“Intinya gini, anggaran bantuan itu harus cepat diberikan kepada warga yang membutuhkan. Karena banyak sekali ini yang terdampak,” imbuhnya.


“Kami juga berharap masyarakat ikut turut mengawasi penggunaan dana tersebut, agar tepat sasaran sesuai yang diprogramkan,” ujarnya.


Ia meminta masyarakat bila menemukan ada bantuan yang tersalurkan atau warga yang terdata namun tidak menerima bantuan bisa mengadu ke DPRD Balangan.


“Kita sepakat sama sama mengawasi penyaluran bantuan Covid-19, dan kita juga sepakat kita sama – sama membantu pemerintah dalam penanganan wabah Covid 19 daerah ini,” pungkas politisi muda Partai Golkar. (jun/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya