Jelang Idul Fitri 1441 H, Stock Pangan Tabalong Masih Aman

Tanjung, KP –  Meski beberapa komoditas pangan naik, termasuk pengarus pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), namun di Kabupaten Tabalong stock pangan dipastikan aman menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H mendatang.

Hal itu, dipastikan oleh Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, yang memimpin secara langsung Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Tabalong saat melakukan pemantauan harga dan stok barang kebutuhan pokok menjelang lebaran Idul Fitri 1441 H tahun ini, di PasarTanjung pada Selasa (19/5) kemarin.

Sejumlah bahan pangan mendapat sorotan mereka untuk dipantau, dan ternyata menemukan sejumlah barang mengalami kenaikan. Namun sebagian ada pula yang turun. Meski demikian, ditetapkan stabil dan terkendali.

“Secara umum masih terkendali,” ujar Anang.

Berita Lainnya
1 dari 172
Loading...

Untuk bahan pangan yang mengalami kenaikan diantaranya beras jenis mayang dan unus. Kenaikan itu lantaran banyaknya kebutuhan warga terhadap komoditi satu ini. 

“Di Tabalong ini sekitar 40 persen masyarakatnya, patokkannya Unus dan Mayang,” sebut Anang saat itu.

Komoditas lainnya adalah Bawang Merah, yang naik dari harga Rp50ribu menjadi Rp60 ribu, dikarenakan masalah distribusi dari luar daerah yang sedikit terkendala.

Intinya tidak ada kenaikan harga di luar batas kewajaran atau lonjakkan yang spontan terhadap bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Tabalong.

Dengan hasil pemantauan harga tersebut, Bupati dan tim Satgas Polres Tabalong memutuskan belum diperlukannya operasi pasar. Namun, pemantauan akan terus dilakukan sampai tibanya lebaran Idul Fitri 1441 H.

“Tapi jika sampai hari Rabu besok ada terjadi kenaikan, kami akan mengupayakan adanya operasi pasar,” demikian pungkas Bupati Tabalong ini. (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya