Jumlah Kasus 179, Kematian karena Covid di Kalsel 5,6 Persen

Banjarbaru, KP – Orang yang terpapar covid di Kalsel didominasi laki-laki dengan prosentase 74,7 persen, dan sisanya wanita.


“Kasus yang dirawat di rumah sakit 26,7 persen sisanya karantina khusus atau isolasi mandiri. Bagi pengidap covid dengan gejala ringan dilakukan karantina khusus atau mandiri. Prosentase sembuh 13,4 persen, meninggal 5,6 persen, dan dalam perawatan 81 persen,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim.


Hingga Jumat (01/05/2020) jumlah kasus positif covid di Kalsel tercatat 179 orang. Lebih dari setengah jumlah kasus positif disumbang klaster perjalanan Gowa, Sulawesi Selatan.

Berita Lainnya

Pulih di Tengah Ancaman

1 dari 1.037


Prosentase klaster dan kontak dari Goea berjumlah 58,65 persen, sedangkaj klaster lainnya atau campuran berjumlah 26,28 persen.


“Klaster Jawa Barat jumlahnya 13,57 persen, dan klaster Kalteng jumlahnya 1,5 persen,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim.


Menurut Muslim cepatnya peningkatan kasus positif di Kalsel juga dipengaruhi ketersediaan laboratorium PCR di Banjarbaru. Sebelumnya tim medis Kalsel harus mengirim spesimen swab ke pulau Jawa.


Waktu yang diperlukan dalam dua mingg terperiksa hanya 66 spesimen, sedangkan saat pemeriksaan di Banjarbaru dalam dua minggu spesimen yang diperiksa berjumlah ratusan.


“Selama 4 minggu BBTKLPP Banjarbaru beroperasi sudah memeriksa 906 spesimen. Jika dibandingkan pemeriksaan di pulau jawa kecepatan sekarang 6 sampai 7 kalinya. Secara keseluruhan identifikasi lapangan dari berbagai kontak maupun klaster jumlahnya 4.529, yang berhasil ditemukan 2.306 dan sebanyak 972 spesimen sudah diperiksa. Yang masih proses pemeriksaan 249 spesimen,” pungkasnya. (mns/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya